Damkar Luwu terima penghargaan di Riau, Rabu (5/3/2019)
#

Aktif Penanganan Bencana, Dinas Damkar Luwu Terima Penghargaan Nasional

Kamis, 07 Maret 2019 | 00:36 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

RIAU, GOSULSEL.COM — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Luwu berhasil mendapat penghargaan di Rapat Koordinasi Nasional Damkar, Sat Pol PP, dan Linmas di SKA Convention and Exhibition Centre, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (5/3/2019) kemarin.

Piagam penghargaan diberikan kepada Dinas Pemadam Kebakaran dari 12 Kota dan 12 Kabupaten yang terpilih dari seluruh Indonesia.

pt-vale-indonesia

Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu termasuk salah satu diantaranya, piagam penghargaan tersebut diberikan atas keterlibatan dan partisipasi aktif aparatur pemadam kebakaran Luwu dalam penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah beberapa waktu yang lalu.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo melalui amanat Menteri Dalam Negeri dalam acara pembukaan kegiatan mengatakan, Kementerian Dalam Negeri mendorong Pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran yang mandiri sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Akan maksimal jika dilakukan oleh dinas mandiri. Oleh Karenanya diperlukan  pembentukan dinas pemadam kebakaran yang mendiri dan tidak bergabung dengan perangkat daerah lainnya. Karena pada praktiknya beban dan resiko belum cukup mendapatkan apresiasi yang memadai. Ketimpangan di daerah sangat bisa dirasakan, terutama dalam kelembagaan masih belum memenuhi ketentuan sebagai dinas yang mandiri,” kata Hadi.(*)