Tari Mappasili tampil apik di atas perahu tahun 2015 lalu

Hari Kebudayaan Makassar Digelar April Mendatang, Begini Konsep Acaranya

Kamis, 14 Maret 2019 | 20:40 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kebudayaan bakal menggelar Pencanangan Hari dan Bulan Kebudayaan Kota Makassar.

Guna mematangkan konsep dan teknis acara pencanangan Hari Kebudayaan Makassar 2019, Dinas Kebudayaan menggelar rapat bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan segenap SKPD lingkup kota di Ruang Sipakatau, Balaikota Makassar, Kamis (14/03/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan Makassar, Sittiara mengatakan, pihaknya ingin memperjelas tupoksi dinas yang dipimpinnya dengan jalan menggelar Hari Kebudayaan. Hal ini dilakukan demi melestarikan adat dan kebudayaan Makassar.

“Karena kota Makassar ini heterogen, maka kami juga akan memasukkan unsur budaya Bugis, Toraja, Mandar, Tionghoa, Batak, Minang, Gorontalo, Ambon, Papua, Arab, India dan lainnya yang sudah lama bermukim di Makassar,” ujarnya.

Pihaknya telah menyusun konsep dan rundown acara yang memastikan akan menampilkan seluruh kekayaan etnis budaya yang sudah lama bermukim di Makassar.

“Momen ini adalah upaya kita untuk menjadi agenda tahunan untuk menstimulasi kebudayaan terutama bagi mereka generasi muda,” jelasnya.

Adapun rundown acara yang telah disusun ialah sebagai berikut:

1. Seremoni Hari Kebudayaan Kota Makassar yang akan digelar di Museum Kota Makassar berisi prosesi upacara pemerintahan dan adat, pada 1 April 2019

2. Parade Budaya 1000 Penari di area CPI Jl. Penghibur diantaranya, Parade kebudayaan etnis nusantara, Parade Pataka Kerajaan, dan Parade Permainan Rakyat pada 1 April 2019

3. Pertunjukan Seni dan Budaya di museum Makassar berisi Dance at the Museum pada 4,6,11,18,20 April 2019

4. Forum Group Discussion berisi Ethnic pada 4,6,11,18,20 April 2019 di Museum Makassar

5. Malam Festival Seni Budaya, berisi Maestro Menari, Theatre of Makassar, Makassar Ma’lipa pada 6 April 2019 di Anjungan Pantai Losari Makassar dam 27 April 2019 di Benteng Rotterdam

6. Festival Kuliner Tradisional 13 April 2019 di museum Kota Makassar dan 27 April 2019 di Benteng Rotterdam.

Demikian rundown kegiatan pencanangan Hari Kebudayaan Makassar di bulan April mendatang.(*)