Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyambangi salah satu warga Dusun Macconggi, Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Rabu (13/3/2019)
#

Responsif, Pemda Bulukumba dan Baznas Kompak Datangi Rumah Tak Layak Huni di Barugae

Kamis, 14 Maret 2019 | 09:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Dinas Sosial kompak menyambangi salah satu warga Dusun Macconggi, Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Rabu (13/3/2019).

Warga atas nama Tini sangat memperihatinkan. Di mana rumah yang ditinggali sehari-harinya tak layak huni. 
Baznas dan Dinsos langsung ke lokasi setelah mendapat informasi dari Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto.

pt-vale-indonesia

Tim Baznas yang meninjau lokasi, Darwis mengatakan bahwa pihaknya mendapat informasi dari Tomy Satria. Bahkan Tomy menyampaikan langsung ke Ketua Baznas Bulukumba, Ustadz Yusuf Sandy setelah mendapat informasi dari salah satu warga Barugae.

“Kemarin pak Wakil (Tomy Satri) yang kirim fotonya lewat Whatsapp, tapi kebetulan kami dan tim di Bonto Bahari, makanya dijadwalkan hari ini,” kata Darwis.

Darwis mengaku, saat ini pihaknya meninjau langsung untuk selanjutnya diproses cepat di Baznas. Menurutnya ada dua jenis bantuan yang disiapkan oleh Baznas, yakni bantuan langsung dan bedah rumah untuk warga yang memiliki rumah tak layak huni.

“Insya Allah secepatnya. Kami harus bicarakan dulu dengan pemerintah setempat. Kalau tidak memungkinkan pemerintah setempat, Insya Allah kami di Baznas akan segera bicarakan,” kata dia.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan bantuan kepada salah satu warga Dusun Macconggi, Desa Barugae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Rabu (13/3/2019)

Dalam kesempatan itu, Baznas juga memberikan bantuan berupa bahan pokok kepada Tini. Diketahui, Tini tinggal bertiga di rumahnya, satu anaknya yang diketahui disabilitas dan cucunya yang saat ini masih sekolah di TK.

Tidak lama setelah kedatangan dari Tim Baznas, pihak dari Dinas Sosial juga bertandang melihat langsung kondisi kediaman Tini. Tim dari Dinas Sosial diantar langsung oleh Kepala Dusun Maccogi, Ishak.

Ishak yang dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihak Dinsos telah memantau langsung kediaman Tini. “Tadi saya sama Dinsos antar ke rumahnya beliau Pung Tini. Insya Allah semoga ada jalan keluarnya,” kata Ishak.

Informasi tentang kondisi rumah Tini setelah salah satu pemuda asal Barugae, Muh Fardi menyampaikan langsung informasi tersebut ke Wakil Bupati Bulukumba. 

“Saya coba foto kirimkan kondisi rumah beliau ke pak Wakil Bupati dan meminta petunjuk, Alhamdulillah beliau sangat responsif dan menyampaikan ke Dinsos dan Baznas. Alhamdulillah Dinsos dan Baznas sudah ke lokasi,” tandasnya.(*)


BACA JUGA