Ilustrasi tidur pagi/INT

Sering Bangun Kesiangan? Waspada, Ini Bahaya Tidur di Pagi Hari

Kamis, 14 Maret 2019 | 11:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

2. Merasa pusing atau sakit kepala

Jika imbas dari tidur pagi hanyalah keadaan tubuh yang tidak fit dan kondisi yang tidak fresh, mungkin Anda masih bisa mentoleransi. Namun jika saat bangun, kondisi tubuh Anda malah menjadi pusing, ini akan memperkeruh suasana. Salah satu penyebab kepala sering pusing adalah karena tidur pagi. Pada waktu tidur, cairan otak yang disebut dengan serebrospina mengalir terus ke otak. Jika waktu tidur Anda lama, cairan ini akan terus menerus mengalir. Hal inilah yang menyebabkan Anda merasa sakit kepala.

pt-vale-indonesia

Dr. Kevin Adrian dari alodokter mengatakan, untuk sebagian orang yang rentan mengalami sakit kepala, tidur berlebihan bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan karena efek tidur berlebihan pada neurotransmiter tertentu di dalam otak, termasuk serotonin.

“Orang yang terlalu banyak tidur di pagi atau siang hari maka akan mengacaukan pola tidur malamnya yang menyebabkan sakit kepala pada saat bangun,” kutipnya.

3. Terkena gangguan pencernaan pada lambung

Jam tidur Anda adalah malam hari. Maka jam bangun Anda jga waktu pagi hari. Mengapa hal ini harus saklek diciptakan seperti ini? Sebab pada pagi hari, tubuh akan memulai proses penyerapan makanan di dalam tubuh Anda. Dan itu hanya bisa dilakukan jika posisi tubuh Anda dalam keadaan normal, sadar, dan bangun.

4. Bangun tidak dalam kondisi fresh

Harapan orang saat bangun tidur adalah keadaan tubuh yang fit dan kondisi badan yang fresh. Hanya saja kedua hal ini akan mustahil Anda dapatkan jika Anda tidak bangun pada waktu yang tepat. Kebanyakan orang suka begadang untuk belajar, seperti pelajar. Padahal ada pengaruh tidur malam terhadap prestasi belajar. Kemudian mereka akan bangun siang atau tidur di pagi hari. Padahal bangun siang atau tidur di pagi hari hanya akan membuat badan Anda menjadi lelah dan lesu.

5. Lesu dan lunglai seharian

Setelah Anda bangun pada siang hari, kondisi tubuh tidak dalam keadaan fresh. Anda akan merasa lelah, lunglai, dan lesu seharian. Ada beberapa penyebab tubuh cepat lelah, salah satunya adalah tidur di pagi hari. Bahkan ketika melakukan aktivitias, semuanya berjalan sangat lambat. Rasanya energi Anda sudah habis semuanya. Padahal jika Anda menyadari, bahwa hari ini Anda belum melakukan apa-apa.

Dr Kevin berbagi tips mengatasi rasa kantuk yang ekstrem untuk menghindari bahaya tidur pagi. Antara lain dengan mempertahankan tidur yang teratur, hindari minuman beralkohol dan obat-obatan yang menyebabkan kantuk, dan cerita kepada teman, keluarga, dan rekan kerja agar tahu masalah yang Anda hadapi serta membantu mencari solusinya.

Jika tidur berlebihan Anda disebabkan oleh obat tertentu dari dokter, jangan langsung menghentikan konsumsi obat, terkecuali atas perintah dokter Anda. Berolahraga teratur dan menciptakan suasana nyaman pada kamar tidur akan membantu mendapatkan waktu tidur yang dibutuhkan.(*)

Halaman: