KPU Luwu lakukan uji coba perangkat Sistem Informasi Penghitungan (Situng), di Media Center KPU Luwu, Jalan Pemilu, Kelurahan Senga, Belopa, Luwu, Sabtu (16/3/2019)
#

KPU Luwu Lakukan Uji Coba Perangkat Penghitungan Suara Untuk Pemilu

Sabtu, 16 Maret 2019 | 16:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM — Sebulan menjelang hari pemungutan suara Pemilu, KPU Luwu lakukan uji coba perangkat Sistem Informasi Penghitungan (Situng), di Media Center KPU Luwu, Jalan Pemilu, Kelurahan Senga, Belopa, Luwu, Sabtu (16/3/2019).

Uji coba ini dilaksanakan untuk mematangkan persiapan penggunaan perangkat situng yang nantinya akan dipakai setelah pemungutan suara dilakukan 17 April mendatang.

pt-vale-indonesia

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Komisioner KPU Luwu Divisi Teknis, Abdullah Sappe, disela-sela kegiatannya.

“Kami bersama staf bagian teknis KPU Luwu lakukan uji coba hari ini, karena perangkat ini akan dipakai untuk menghitung secara real hasil C1 dari semua TPS yang ada di Kabupaten Luwu. Dimulai di hari yang sama setelah pemungutan suara, perangkatnya akan dioperasikan langsung oleh staf Teknis KPU Luw,” jelas Abdullah Sappe.

Staf Divisi Teknis KPU Luwu, Yudhistira Muin, mengatakan ada 6 set komputer beserta scanner-nya akan dipakai dalam situng nantinya.

“Ada 6 unit komputer, 6 unit scanner barcode akan kami pakai untuk menghitung secara langsung pada hari itu juga. Teknisnya, hasil C1 dari TPS yang memiliki barcode khusus ketika sudah sampai di KPU langsung kami scan, dan ter-upload, kemudian di aplikasi situng akan langsung terekap otomatis,” ungkapnya.

Perangkat situng milik KPU Luwu ini semuanya dibebankan memakai anggaran APBN TA 2018.(*)