oordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Gowa, Juanto Avol mengawasi proses sortir dan pelipatan surat suara di GOR Sungguminasa, Minggu (17/3/2019)
#

Bawaslu Gowa Awasi Ketat Proses Sortir dan Pelipatan Surat Suara

Minggu, 17 Maret 2019 | 15:40 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa melakukan pengawasan ketat proses sortir dan pelipatan surat suara di Gelanggang Olahraga (GOR) Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

Proses sortir dan pelipatan surat suara melibatkan masyarakat setempat, yang dilakukan berdasarkan jenis dan jumlah surat suara yang dibutuhkan untuk Pemilu 2019. Yakni surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi Sulsel, dan DPRD Kabupaten.

pt-vale-indonesia

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Gowa, Juanto Avol menjelaskan, pihaknya melakukan pengawasan dengan pembagian jadwal shift sepanjang hari.

“Proses pelipatan ini kami bagi dua shift perhari, shift pertama di mulai jam 9 pagi sampai jam 3 sore kemudian shift kedua dilanjutkan sampai jam 10 malam. Setiap shift itu yang mengawasi ada Staff dari Bawaslu Gowa, Pangawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL),” ujar Juanto Avol, Minggu (17/03/2019).

Pengawasan proses sortir dan pelipatan kertas suara, bukan hanya dari Bawaslu Gowa, aparat kepolisian dan pihak KPUD sendiri juga ikut terlibat. “Bawaslu Gowa akan melakukan pengawasan yang ketat,” tegas Juanto.

Diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Gowa per Desember lalu sebanyak 529.870, jumlah surat suara yang disediakan sebanyak jumlah DPT ditambah cadangan 2 persen.(*)


BACA JUGA