Ratusan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Gowa mulai mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (20/3/2019)

Ratusan CJH Gowa Mulai Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Rabu, 20 Maret 2019 | 17:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Ratusan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Gowa mulai mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa Jalan Wahidin Sudirohusodo, Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (20/3/2019).

Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa akan membuka ruang pelayanan pemeriksaan CJH untuk 18 kecamatan dengan cara per zona. Untuk hari pertama pemeriksaan diikuti sekira 200 orang CJH asal Kecamatan Tompobulu, Tinggimoncong, Bontolempangan, Bungaya, Tombolopao, Parigi, Biringbulu, Bajeng dan Bajeng Barat.

pt-vale-indonesia

Sementara untuk hari kedua juga 200 orang calon jamaah dari Kecamatan Pattallassang, Bontomarannu, Parangloe, Manuju, Pallangga dan Barombong. Sedang hari ketiga dijadwalkan untuk tiga kecamatan lagi yakni Kecamatan Somba Opu, Bontonompo dan Bontonompo Selatan.

“Pemeriksaan kita lakukan tiga hari dan masing-masing 200 orang perhari dengan sejumlah kecamatan yang digabungkan. Jadi total CJH di Gowa itu sebanyak 600 orang,” ujar Kapala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin kepada.

Dr Hasanuddin juga menjelaskan pemeriksaan ini dilakukan dalam berbagai layanan termasuk pemeriksaan bagi kemungkinan adanya CJH perempuan yang hamil. Jika ketahuan hamil, ungkap Hasanuddin, maka otomatis pemberangkatannya CJH bersangkutan dibatalkan.

“Iya jadi pemeriksaan kesehatan ini menyangkut beberapa item termasuk kehamilan. Aturan baru pemberangkatan haji sekarang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana seorang CJH tidak dibolehkan melakukan pelunasan sebelum menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan. Karena dikhawatirkan ketika pelunasannya telah dilakukan sementara kondisi kesehatannya tidak memenuhi standar maka CJH tersebut akan dibatalkan pemberangkatannya,” jelas dr Hasanuddin.(*)


BACA JUGA