Kepala Dinas Dukcapil Gowa, Ambo

Tahap Pertama, Disdukcapil Gowa Segera Terbitkan 61.000 Keping KIA

Jumat, 05 April 2019 | 13:08 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sebanyak 61.000 keping Kartu Identitas Anak (KIA) untuk tahap pertama tahun 2019 akan segera dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Dukcapil Gowa, Ambo mengatakan bahwa untuk pendataan pihak Disdukcapil Gowa akan turun langsung ke sekolah guna mengambil data dan mencetaknya kemudian dikembalikan ke sekolah. Hal ini dilakukan supaya ada keteraturan.

pt-vale-indonesia

“Jadi anak-anak sekolah tidak perlu ke Kantor Dukcapil. Nanti petugas kami yang datang meminta data, Foto copy KK, dan foto copy KTP orangtuanya, dan foto copy akte kelahiran, kemudian anak yang sudah berumur 5 tahun keatas siapkan pas fotonya 2×3, kumpul di sekolah dan akan diambil oleh petugas kami,” ujar Ambo.

Lanjut Ambo, untuk tahap pertama akan dilakukan secepatnya, dan pembagian KIA tahap pertama akan dibagikan pada Hari Pendidikan Nasional mendatang.

“Kita akan serahkan fisik dari KIA ini bertepatan pada Hardiknas mendatang. Kami juga telah sampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan kalau kami akan membagikan KIA pada upacara peringatan Hardiknas,” ungkapnya.

Ia juga menyebutkan bahwa KIA tersebut merupakan identitas anak sebelum 17 tahun untuk mendapatkan KTP-el. Dan bagi orangtua tidak perlu khawatir, karena seluruh proses pembuatan KIA ini tidak dipungut biaya.

“Diketahui di Kabupaten Gowa sendiri, yang bersekolah dan dibawah 16 tahun penerima KIA yakni lebih dari 100.000 orang,” tambahnya.


BACA JUGA