Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando

UAS Hari Pertama di SD Makassar Berjalan Lancar

Senin, 08 April 2019 | 15:43 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 363 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Makassar yang melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) perdana berjalan dengan lancar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Makassar, Abdul Rahman Bando usai melakukan pemantauan secara langsung 7 SD di Makassar, Senin (8/4/2019). 

“Saya sudah pantau langsung di 7 SD pagi tadi. Alhamdulillah berkat sinergi dan perencanaan yang baik dari teman-teman di dinas pendidikan pelaksanaan ujian tadi berjalan dengan sangat baik dan lancar,” ujar Rahman Bando.

pt-vale-indonesia

Meski demikian, berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah sekolah, seperti SDN Pongtiku l, SDN Pongtiku II, SDN Bawakaraeng I, II, III dan SD Inpres Bawakaraeng masih ada siswa yang tidak sempat mengikuti UAS lantaran terkendala masalah kesehatan.

“Memang ada anak didik kita yang tidak sempat hadir karena ada alasan sakit di 7 sekolah yang saya datangi. Ada 3 yang tidak hadir karena alasan sakit itu mereka akan diatur jadwal ujian susulan,” katanya.

Rahman menjamin pelaksanaan UAS telah memenuhi kualifikasi yang ada, sebab pihaknya telah mempersiapkan mulai dari segi penyusunan soal, hingga pengawasan. 

“Kita bisa jamin kelancaran ujian ini karena pertama, soalnya adalah soal yang disusun oleh tim penyusun soal tingkat nasional yang mengabdi di Makassar kemudian  rancangan kita membuat pengawasan sistem silang murni di mana tidak ada guru yang mengawasi sekolahnya sendiri sehingga tidak ada kecurangan,” tambahnya.

Untuk diketahui, sebanyak 22.500 siswa kelas VI SD yang mengikuti UAS hingga Rabu (10/4/2019) mendatang.(*)


BACA JUGA