Diskominfo Kota Makassar menggelar kegiatan Bimtek Standar Service Excellent 112 untuk operator NTPD 112 beserta organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Makassar, Selasa (9/4/2019)

Berikut Kemudahan Program Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112

Selasa, 09 April 2019 | 16:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menggelar kegiatan Bimtek Standar Service Excellent 112 untuk operator NTPD 112 beserta organisasi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kota Makassar, Selasa (9/4/2019).

Kegiatan ini digelar dalam rangka membahas program unggulan pemerintah Kota Makassar yakni Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112, di mana pada tahun ini akan menghadapi sebuah perubahan yang cukup strategis, yakni berjalan secara mandiri, di bawah kendali penuh Pemerintah Kota Makassar, baik secara pengelolaan maupun secara penganggaran.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya, Asisten ll Pemkot Makassar Irwan Bangsawan mengatakan, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kominfo selama dua tahun terakhir ini telah memberikan dukungan yang begitu besar, baik dalam hal penyedian perangkat, sarana prasarana, termasuk di dalamnya tersedianya sumber daya manusia.

“Perubahan ini, memberi kesempatan kepada kita untuk meningkatkan kualitas, memperbaiki SDM, demi terciptanya pelayanan yang berkelas dunia sebagai mana visi misi Pemerintah Kota Makassar,” ucapnya.

Irwan Bangsawan menyebutkan NTPD 112 telah didukung oleh perangkat teknologi terbaru, sumber daya manusia terlatih, serta sistem integrasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah di Kota Makassar, polisi dan perangkat keamanan lainnya yang bekerja 24 jam nonstop, sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan pelayanan yang diinginkan secara cepat.

“112 bisa diakses secara mudah dengan menggunakan ponsel maupun telepon rumah, termasuk saat telepon seluler walaupun kita tidak punya pulsa, maupun ponsel dalam situasi terkunci. Apapun jenis provider seluler yang kita gunakan, 112 tetap bisa diakses secara gratis setiap saat selama 24 jam penuh,” jelasnya.

Kepala Bidang IKP Diskominfo Kota Makassar Ade Ismar Gobel menjelaskan bahwa warga Makassar saat ini akan semakin mudah dan cepat mendapatkan layanan publik dari Pemerintah Kota Makassar.

”Cukup menelepon layanan bebas pulsa 112, seluruh layanan publik, termasuk layanan darurat, seperti Home Care, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana, termasuk kepolisian dapat dilaporkan di Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112,” ungkapnya.

Menurut Ade, warga tidak perlu lagi mengingat puluhan nomor layanan publik yang tersedia, cukup menghubungi 112, maka semua kebutuhan layanan publik kegawatdaruratan bisa didapatkan.

“NTPD 112 merupakan layanan bebas pulsa yang dipersembahkan oleh Pemerintah Kota Makassar, bukti cinta untuk seluruh warga Kota Makassar. Layanan ini dapat diakses menggunakan ponsel maupun telepon rumah. Termasuk saat ponsel kita tanpa pulsa atau saat ponsel dalam situasi terkunci. Apapun providernya, 112 tetap dapat diakses secara gratis tiap saat selama 24 jam penuh,” terangnya.(*)


BACA JUGA