Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Maros, Kamaluddin Nur
#

Dinsos Maros Latih 50 Orang Personel Tagana

Rabu, 10 April 2019 | 16:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Membangun kemitraan kepada masyarakat, pemuda dan mahasiswa merupakan salah satu program yang tengah digiatkan Dinas Sosial Kabupaten Maros di daerah Butta Salewangan. Untuk merealisasikan program tersebut, maka Dinsos Maros terus meningkatkan kemampuan dari anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang direkrut dari 14 kecamatan.

“Hari ini, 50 anggota Tagana bersama utusan Dinsos Kabupaten Maros mendapatkan pelatihan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam mempraktekkan langsung prosedur menghadapi pra bencana dan pasca bencana yang ditempatkan di wilayah Bantimurung Maros,” jelas Kadinsos Kabupaten Maros, Kamaluddin Nur, Rabu (10/4/2019).

Lanjut mantan Kabag Humas Pemkab Maros ini, Dinsos Provinsi Sulawesi Selatan, Basarnas Sulsel dan Tagana Sulsel, tenaga ahli profesional yang diturunkan langsung dalam memberikan pelatihan kepada 50 anggota Tagana bersama utusan Dinsos Kabupaten Maros.

“Tiga instansi utusan dari Provinsi Sulsel yang datang langsung ke Maros inilah yang akan melatih mereka dalam menghadapi hal-hal yang akan terjadi pasca bencana maupun pra bencana di daerah Maros,” ujar Kamal.

Ke depan, tambah Kamal, mereka yang telah mendapatkan pelatihan, akan semakin tinggi tingkat mawas dirinya di setiap kecamatan. 

“Taruna Siaga Bencana akan selalu siaga di tiap-tiap kecamatan, sehingga apabila terjadi bencana, mereka langsung turun menanganinya dan menginformasikan kepada Dinsos sehingga penanggulangan terhadap bencana bisa segera tertangani secara cepat. Inilah manfaat dari pelatihan yang mereka jalani selama dua hari,” harap Kamaluddin. 

Terkait perhatian kesejahteraan kepada Tagana, kata Kamal, Bupati Maros, HM Hatta Rahman telah menyalurkan Tali Asih yang nilainya tidak seberapa.

“Alhamdulillah, Pemkab Maros telah menyalurkan Tali Asih kepada personel Tagana. Kendati nilainya tidak seberapa, namun perhatian yang telah diberikan Bupati Maros bisa menjadi motivasi dan penyemangat mereka selama menjalankan tugas yang cukup berat khususnya dalam penanganan musibah yang sewaktu-waktu datang melanda di daerah Maros,” pungkasnya menutup wawancara.

Total personel Tagana yang dimiliki Dinas Sosial Kabupaten Maros yakni sebanyak 91 orang, di mana ada yang tersebar di kecamatan dan ada juga yang bertugas di Dinsos Kabupaten Maros.(*)