Bupati Bulukumba, A. Sukri A. Sappewali, menghadiri peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Tabligh Akbar di Masjid Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba, Rabu (10/4/2019)
#

Hadiri Isra Miraj, Bupati Bulukumba: Momentum Mengenang Sejarah Perjalanan Spritual Rasulullah SAW

Rabu, 10 April 2019 | 21:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Bupati Bulukumba, A. Sukri A. Sappewali, menghadiri peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Tabligh Akbar di Masjid Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba, Rabu (10/4/2019).

Sementara Bupati Bulukumba A. Sukri A. Sappewali dalam sambutannya mengatakan Peringatan Isra Miraj adalah sebuah momentum untuk mengenang sejarah perjalanan spritual Nabi Besar Muhammad SAW. Yang merupakan wahana syiar Islam yang sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Islam dari waktu ke waktu. 

“Dengan peringatan Isra Miraj ini kita dapat memetik hikmah yang sebesar- besarnya hingga memberikan motivasi dalam membangkitkan nilai – nilai spritual, iman, dan taqwa kepada Allah agar lebih meningkatkan kualitas ummat dalam mewujudkan pengabdian bagi negara, bangsa, serta agama,” harapnya.

Lebih jauh, Bupati berharap peringatan Isra Miraj tidak dimaknai sebatas ritualitas simbolik semata akan tetapi lebih bermakna sebagai pembaharuan nilai – nilai Islami dalam hidup dan kehidupan

“Peringatan Isra Miraj ini juga merupakan wadah silaturahim yang penting untuk dijaga, dipelihara dan tingkatkan guna membangun interaksi positif khususnya antar pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, anggota majelis taklim dan masyarakat pada umumnya hingga dapat mencapai tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang tentram, rukun, damai, dan sejahtera sebagai tujuan hidup kita bersama,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini pula, Bupati mengingatkan bahwa tujuh hari ke depan kita akan menghadapi pemilihan umum secara serentak yang tentunya menjadi perhatian bagi kita semua untuk dapat menyukseskan dan menjaganya agar terwujud pemilu yang berintegritas, berkualitas, aman dan damai, sehingga menghasilkan pemimpin Indonesia dan perwakilan rakyat yang amanah dan memiliki kapabilitas yang tinggi. 

“Saya mengajak kepada hadirin untuk memohon kepada Allah agar kita semua diberi kekuatan dan pertolongan, agar penyelengaraan pemilu di negara ini khususnya Kabupaten Bulukumba dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati menekankan bahwa keberhasilan penyelengaraan pemilu hanya dapat terwujud dengan adanya upaya dan dukungan dari kita semua dangan peran dan fungsi masing – masing

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba, Ali Yafid dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan peringatan Isra Miraj yang dirangkaikan Tabligh Akbar tersebut sengaja digelar sebelum Pemilihan Umum (Pemilu).

Menurutnya, agar umat Islam senantiasa muhasabah diri dan tetap memelihara persatuan dan persaudaraan agar dapat menghasilkan pemilu damai dalam menentukan nasib kepemimpinan NKRI lima tahun ke depan yang bermuara dalam Indonesia bersatu masyarakat sejahtera lahir dan batin

“Tema Isra Miraj dan Tabliq Akbar kali ini adalah mencerahkan hati, merawat kebersamaan, menyongsong pemilu damai, Indonesia bersatu,” ucapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopimda Bulukumba, Sekretas Daerah, Ketua MUI, Pejabat Lingkup Pemkab, Pimpinan BUMN dan BUMD, Unsur organisasi wanita, Majelis Taklim, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan ratusan jamaah Masjid Islamic Centre Dato Tiro Bulukumba. 

Sedangkan pembawa hikmah Isra Miraj KH. Amrullah Amri yang mengulas tentang indahnya kebersamaan walau berbeda pendapat.(*)


BACA JUGA