PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa mulai memindahkan pipa induk yang melengket di jembatan yang terletak di inspeksi kanal dekat Patung Massa dan akan membuat jembatan pipa baru

IPA IKK Barombong Setop Produksi Air Bersih, Ini Penyebabnya

Minggu, 19 Mei 2019 | 22:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Suplai air bersih untuk pelanggan PDAM di wilayah Pallangga-Barombong dipastikan tak lagi maksimal. Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Barombong yang selama ini jadi tumpuan PDAM di kedua wilayah itu berhenti berproduksi.

PDAM Gowa menyetop produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air (IPA) IKK Barombong lantaran banyaknya kendala. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya air baku. “IKK Barombong kembali berhenti berproduksi. Instruksi air laut yang cukup kuat di Sungai Jeneberang sangat tidak layak. PDAM Gowa terpaksa menghentikan produksi IKK Barombong,” jelas Humas PDAM Gowa, Nurdiansyah Baso, via rilis, Minggu (19/5/2019) malam.

Selain soal ketidaklayakan air baku, kendala lain adalah pekerjaan drainase di poros Pallangga. Proses pekerjaan drainase itu, kata dia berefek kerusakan pada jaringan pipa induk PDAM. “Hampir setiap malam air terbuang percuma akibat jaringan pipa induk kita dirusak oleh pekerjaan drainase di Poros Pallangga,” sesal Karta sapaan karib Nurdiansyah Baso. 

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Barombong-Pallangga, pihak PDAM sisa mengandalkan IPA Somba Opu. Nantinya, pelanggan di kedua wilayah itu akan dilayani mobil tangki secara bergilir. “Kepada pelanggan, PDAM Gowa mohon maaf atas ketidaknyaman ini,” kunci Nurdiansyah.(*)