DPRD Maros Tutup Tambang Ketua Demokrat

Rabu, 03 Juli 2019 | 12:00 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – DPRD Kabupaten Maros menutup dua lokasi tambang galian di Desa Pattontongang, Kecamatan Mandai, Rabu (3/7/2019).

Penutupan dilakukan oleh Komisi II DPRD Maros. Salah satu tambang yang ditutup adalah PT. Putra Utama Global yang diketahui merupakan milik Ketua DPC Demokrat Maros, Amirullah Nur.

Ketua Komisi Komisi II DPRD Maros, Hasmin Badoa membenarkan hal itu. Pihaknya melakukan penutupan area lokasi tambang tanah setelah sebelumnya dilakukan sidak dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pemilik tambang, masyarakat, tokoh masyarakat, pemuda dan pemerintah setempat. 

“Ada dua lokasi tambang, semuanya ditutup. Menurut informasi yang saya tau (milik Amirullah Nur),” beber ketua PPP Maros itu. 

Menurut Hasmin, penutupan area lokasi tambang ini didasari oleh aktivitas tambang yang meresahkan warga sekitar akibat polusi udara yang dihasilkan, operasi kendaraan tambang yang tidak sesuai prosedur dan juga supir angkutan material tambang yang menurut warga suka ugal-ugalan. 

“Iya. Kemarin kami rapat dengan beberapa unsur masyarakat dan penambang di Desa Pattotongan dan di sepakati untuk di tutup tambang untuk sementara waktu sambil menunggu kesepakatan di tandatangani oleh penambang dan masyarakat,” katanya. 

Perihal batas waktu penutupan Hasmin menambahkan bahwa aktivitas tambang bisa kembali beroprasi setelah tuntutan dan kesepakatan masyarakat tercapai. 

“Tergantung seberapa lama perjanjian kesepakatan itu bisa selesai. Ijin tambangnya masih aktif,” katanya.(*)


BACA JUGA