Diklatsar CPNS Umum Gol II dan III Tahun 2019, lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa resmi dibuka oleh Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio, di Balai Diklat Kabupaten Gowa, Jumat (25/10/2019)

Wakil Bupati Gowa, Buka Diklatsar CPNS Gol II dan III 2019

Jumat, 25 Oktober 2019 | 22:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Umum Gol II dan III Tahun 2019, lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa resmi dibuka oleh Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Kr Kio, di Balai Diklat Kabupaten Gowa, Jumat (25/10/2019).

Pembukaan ditandai dengan pemasangan atribut peserta oleh Wabup Gowa disaksikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Gowa, Muh Basir, Kepala Bidang Kepemimpinan Aparatur BPSDM Prov Sulsel, Sultan Rakib dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

muhammad-ismak

Dalam sambutannya, Abd Rauf mengungkapkan bahwa diklatsar bukan hanya sekadar untuk memberikan pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara.

“Diklatsar dilaksanakan untuk membentuk wawasan kebangsaan, integritas, moral, inovatif, profesional, semangat, dan motivasi nasionalisme agar nantinya mereka mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai abdi negara dan masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk menunjukkan bukti keseriusan Pemkab Gowa dalam merealisasikan program pemerintahan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya aparaturnya.

“Peserta diklatsar sebagian besar adalah CPNS tenaga medis, dokter dan perawat serta tenaga pendidik yang bertugas di kecamatan dataran tinggi merupakan ujung tombak dalam mensukseskan dan merealisasikan program-program Pemkab Gowa,” kata Kr kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Ia juga berpesan, kepada para peserta diklatsar untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan suasana latsar.

“Tanamkan dalam diri masing- masing keinginan untuk belajar, memupuk sikap solidaritas, dan kerjasama yang baik. Sehingga proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas dapat berjalan dengan baik,” tambah mantan Asisten pemerintahan ini kepada seluruh peserta diklatsar.

Sementara, Muh Basir menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk membentuk PNS yang berkarakter dan memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.

“Ini dilakukan sebagai upaya agar PNS memiliki pengetahuan, keahlian, etika dan kepribadian sehingga PNS tersebut memiliki kompetensi dan mampu menguasai bidang tugasnya,” ungkapnya.

Sekadar diketahui diklatsar yang diikuti 80 orang peserta akan berlangsung mulai hari ini, tanggal 25 Oktober hingga 23 Desember. Adapun tenaga pengajarnya berasal dari berbagai instansi, yaitu dari BPSDM Prov Sulsel, Pemkab Gowa dan dari Akademisi.(*)