Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membuka Rapat Kerja (Raker) Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Gowa, di Wisata Kebun Pakkatto Kecamatan Bontomarannu, Selasa (3/12/2019).

Raker KNPI Gowa, Bupati Adnan: Pemuda Harus Gali Potensi Hadapi Bonus Demografi

Selasa, 03 Desember 2019 | 23:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membuka Rapat Kerja (Raker) Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Gowa, di Wisata Kebun Pakkatto Kecamatan Bontomarannu, Selasa (3/12/2019).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Gowa ini berharap KNPI Gowa harus bisa mencetak pemuda masa depan dan pemuda yang unggul yang akan membawa bangsa Indonesia, terkhusus Kabupaten Gowa ke arah yang lebih baik.

muhammad-ismak

“Sebelum lingkup nasional kita harus perkuat dulu di daerahnya. Apalagi di Kabupaten Gowa ini betul-betul kita harus perkuat dulu pemudanya. Jika hal ini dilakukan yakin dan percaya Indonesia dan Gowa akan siap ketika bonus demografi tiba pada masanya,” katanya.

Lanjut, Adnan, bonus demografi yang didapatkan Indonesia akan diprediksi tahun 2045, artinya bahwa Indonesia masih punya banyak waktu untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus.

“Pasalnya, jika tidak dari sekarang maka akan menjadi masalah besar bagi bangsa kita. Inilah yang harus menjadi perhatian kita bersama, utamanya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM salah satunya adalah pendidikan,” ungkap Adnan.

Adnan yang juga Wakil Ketua Umum DPP KNPI menjelaskan bahwa paradigma saat ini telah bergeser, yakni kekayaan suatu daerah bukan lagi ditentukan dari banyaknya sumber daya alam, tapi kekayaan suatu daerah ditentukan dari manusianya.

“Hal inilah sehingga paradigma pemerintahan juga harus bergeser. Pemerintah tidak lagi mengedepankan yang namanya infrastruktur. Walaupun diketahui bagian pembangunan adalah infrastruktur, tetapi yang menjadi prioritas saat ini adalah peningkatan sumber daya manusia,” jelas Adnan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP KNPI.

Ia pun berpesan agar pengurus KNPI mempersiapkan dirinya dari sekarang. “Persiapkanlah diri kalian mulai saat ini. Anda tidak akan mungkin bisa berhasil kalau anda tidak mampu menggali potensi yang ada dalam diri kalian,” tutur orang nomor satu di Gowa.

Sementara itu, Ketua KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra mengatakan, kegaitan tersebut adalah sebuah titik awal yang mana bahwa memang idealnya setelah melakukan rapat musyawarah di tingkat kecamatan maka harus melaksanakan rapat kerja di tingkat Kabupaten.

“Alhamdulillah, salah satu DPD yang taat azas adalah Kabupaten Gowa. Olehnya itu saya berharap DPD Kabupaten Gowa hari ini mampu menyusun program kerja yang mampu bersaing dalam era saat ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, ketua KNPI Gowa, Usman Baddu menyampaikan rapat kerja dilaksanakan selain untuk merekatkan DPD KNPI beserta stake holder seperti OKP dan PK juga untuk menyusun program-program kerja ditahun depan.

“Jadi pertemuan ini kita gelar untuk merumuskan langkah-langkah KNPI selama 1 tahun kedepan dan mengevaluasi semua program kerja pengurus KNPI, apakah program tersebut bersinergi dengan pemerintah daerah atau tidak,” paparnya. (*)