Api terlihat dari kejauhan melahap kios milik Maskur Dg Lewa, warga Dusun Malonjo, Desa Batumalonro, Kecamatan Biringbulu, Gowa, Sabtu (7/12/2019)

Kios Ludes Terbakar di Biringbulu, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Sabtu, 07 Desember 2019 | 23:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa cukup rawan kebakaran. Tahun ini, tercatat beberapa kali terjadi bencana kebakaran.

Terbaru, musibah kebakaran menimpa Maskur Dg Lewa. Satu unit kios milik warga Dusun Malonjo, Desa Batumalonro itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (7/12/2019).

pt-vale-indonesia

Informasi yang diperoleh, kebakaran terjadi sekira pukul 13.00 Wita. Pemicu kebakaran bermula dari botol bensin yang diisi oleh Kasmawati, isteri Maskur.

Botol bensin itu ditinggalkan sebelum penuh. Cairan bensin kemudian meluap dan menjalar ke arah kompor gas yang tengah menyala.

Seketika api membesar. Dalam waktu sekejap, bangunan kios Maskur rata dengan tanah. Seluruh barang jualan di dalam kios ludes. Tak tersisa satupun. Total kerugian dari kebakaran itu ditaksir ratusan juta rupiah. 

“Warga sudah berupaya memadamkan api dengan air dari sumur di dekat kios. Namun tak berhasil. Untungnya, kebakaran ini tak menimbulkan korban jiwa. Hanya kios dan seluruh isinya habis terbakar. Kerugian material ditaksir ratusan juta,” beber Kades Batumalonro, Bakhtiar Tunru. 

Bakhtiar menyatakan prihatin dengan kebakaran yang menimpa kios salah seorang warganya itu. Ia pun berharap, ada perhatian dari Dinas Sosial Pemkab Gowa kepada warganya yang tertimpa musibah kebakaran.

“Harapan kami Dinas Sosial Gowa turun memberikan bantuan,” pinta dia.

Bakhtiar mengakui, wilayah Biringbulu rentan terjadi kebakaran. Kerugian materil yang ditimbulkan pun tidak sedikit. Letak geografis plus tidak adanya alat pemadam menjadi kendala. Alhasil, setiap ada kebakaran, api sangat sulit dipadamkan.

Karena itu, selain berharap bantuan Dinsos Gowa, ia juga meminta Pemprov Sulsel agar memberikan bantuan mobil kebakaran untuk digunakan di Kecamatan Biringbulu. 

“Mohon kiranya Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah sudi memberikan bantuan mobil pemadam kebakaran dari dana hibah Jepang untuk Kecamatan Biringbulu,” ucap Bakhtiar.(*)