Head of Grab Express, Grab Indonesia, Tyas Widyastuti saat menjelaskan 5 fitur baru GrabExpress di hadapan para peserta pelatihan online sellers #TambahSukses dengan GrabExpress di Makassar, Selasa (10/12/2019)

Dukung UMKM, GrabExpress Kenalkan 5 Fitur Baru di Makassar

Selasa, 10 Desember 2019 | 21:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Layanan kurir instan GrabExpress memperkenalkan 5 fitur terbarunya. Kehadiran fitur-fitur ini diharapkan bisa membantu UMKM untuk melayani pelanggan mereka dengan pengiriman yang aman, cepat dan mudah.

“Hal ini sejalan dengan salah satu misi 2025 ‘GrabforGood’, untuk memastikan semua orang mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital, dengan pengetahuan yang memadai untuk menyambut masa depan digital,” ujar Tyas Widyastuti selaku Head of GrabExpress, Grab Indonesia.

pt-vale-indonesia

Head of GrabExpress, Grab Indonesia, Tyas Widyastuti

GrabExpress menghadirkan teknologi khusus bagi pelaku bisnis UMKM di Makassar, antara lain:

1. Pemesanan Via Web: Dengan fitur ini, pengguna dapat memesan layanan GrabExpress Instan, via portal web booking GrabExpress. Pelanggan dapat membuat pemesanan dalam jumlah banyak sekaligus, mengunduh laporan, hingga memberi akses ke karyawan Anda untuk memesan pengiriman dengan akun yang sama. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini via portal web booking GrabExpress melalui https://express.grab.com/book/login.

2. Bukti Pengiriman dan Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengirim dan pelanggan dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi Grab pada saat proses pengantaran. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil oleh kurir pada saat pengambilan dan pengiriman barang.

3. Nalangin: Fitur terbaru dalam layanan GrabExpress menghadirkan pilihan sistem Cash on Delivery (COD) untuk semua pengguna di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Wirausahawan mikro di Surabaya bisa mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung lebih dulu oleh mitra pengemudi.

4. GrabExpress Car: Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar (hingga 150 kg) dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang lebih banyak.

5. Layanan Paket Hemat: Para pelanggan GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

“Kehadiran 5 fitur baru ini sejalan dengan komitmen GrabExpress untuk menghadirkan layanan yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Terutama mengingat jumlah UMKM di Tanah Air sangat banyak, bahkan memiliki peran vital sebagai salah satu pilar perekonomian nasional,” jelasnya.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2017 terdapat hampir 63 juta unit UMKM, atau naik 2,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari total UMKM tersebut, yang paling banyak adalah usaha mikro sejumlah 62 juta unit usaha atau mencapai 98,70 persen dari total UMKM di Indonesia.

GrabExpress merupakan layanan kurir berbasis aplikasi yang memiliki pertumbuhan paling cepat di Indonesia, dan telah melayani 150 kota di seluruh Indonesia. Lebih dari 50% pengguna GrabExpress adalah wirausahawan mikro yang menjual barangnya melalui media sosial maupun marketplace.

“Jumlah pengiriman harian dengan menggunakan GrabExpress pun telah meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam satu tahun terakhir dimana lebih dari 90% jumlah pesanan tersebut tiba tepat waktu di tempat tujuan. Grab juga menghadirkan fitur “Pusat Bantuan” pada aplikasi Grab untuk membantu pelanggan melaporkan kendala yang mereka hadapi,” pungkasnya.(*)