FOTO: Koordinasi Bawaslu Gowa dan pemerintah ikan Desa Rannaloe Kecamatan Bungaya dalam rangka pembentukan desa sadar Pemilu/Selasa, 10 Desember 2019/Junaid/GOSULSEL.COM

Bawaslu Gowa Dorong Partisipasi Pengawasan Lewat Desa Sadar Pemilu

Rabu, 11 Desember 2019 | 06:15 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu jelang Pilkada Gowa tahun 2020 mendatang. Partisipasi pengawasan ini dilakukan berbasis desa.

Salah satu program yang dicanangkan adalah desa sadar Pemilu. Dimana Bawaslu akan menjadikan Desa Rannaloe Kecamatan Bungaya sebagai pilot project Desa Sadar Pengawasan.

Sebagai langkah awal, Bawaslu Gowa melakukan koordinasi dengan Kepala Desa  Rannaloe atas rencana  Launching Desa Sadar Pengawasan (DSP) di Desa Rannaloe Kecamatan Bungayya Kabupaten Gowa.

Komisioner Bawaslu Gowa Kordinator Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Juanto mengatakan, Desa Sadar Pengawasan dibentuk dalam rangka meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat terkait tolak money politik.

“Kedepan, Desa Sadar Pengawasan di Rannaloe akan menjadi pilot projek. Program yang didorong nantinya akan bermuara pada kebijakan yang berorientasi pada kepentingan rakyat secara demokratis, berintegritas dan bermartabat. Menolak politik uang adalah salah satu upaya mendorong pemimpin yg bermartabat dan berkualitas” ujarnya di Kantor Sekretariat Bawaslu Gowa, Selasa (10/12/2019)

Sementara itu, Kepala Desa Rannaloe Alimuddin yang hadir dalam pertemuan tersebut mengaku sangat mengapresiasi terkait rencana kerjasama  Pembentukan Desa Sadar Pengawasan yang di gagas oleh Bawaslu Gowa.

“Kami berharap pembentukan Desa Sadar Pengawasan di desa kami, mampu meningkatkan integritas masyarakat dalam memilih pemimpin,” harapnya.(*)


BACA JUGA