Ketua DPRD Gowa Harap PKK Desa Lassa-Lassa Jadi Contoh di Gowa

Jumat, 27 Desember 2019 | 15:05 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, H. Rafiuddin berharap PKK Desa Lassa-Lassa Kecamatan Bontolempangang menjadi contoh dan motivasi bagi PKK di Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa.

Hal tersebut disampaikannya menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tingkat Kabupaten Gowa di Desa Lassa-Lassa Kecamatan Bontolempangang, Selasa lalu (24/12/2019).

pt-vale-indonesia

“Jadi harapan saya kedepanya mudah-mudahan keberhasilan yang ada di Lassa-Lassa ini bisa diikuti sama desa yang lain dan saya anggap bahwa semua PKK yang ada di Kabupaten Gowa tambah giat lagi memajukan daerah yang ada di Kabupaten Gowa,” harapnya.

Legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga mengapreaisasi pelakasanaan Puncak Peringatan HKG PKK Ke-47 Tingkat Kabupaten Gowa yang di Desa Lassa-Lassa sebagai PKK terbaik di Kabupaten Gowa.

“Jadi selamat saya ucapkan atas Hari Kesatuan Gerak PKK ke 47 tahun 2019 ini yang ditempatkan di desa Lassa-Lassa dan Alhamdulillah dapat juara satu untuk Tingkat Kabupaten Gowa,” ujarnya saat ditemui di sela-sela peringatan HKG PKK Ke-47.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan HKG bukan hanya menjadi kegiatan yang syarat acara seremonial. Melainkan menjadi pendorong dalam membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah dan kridanya (perbuatan dan tindakan).

Priska Paramita Adnan menegaskan, semangat yang menggelora harus senantiasa dimiliki, pasalnya peran TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menjadi pelopor dan pembaharu yang inspiratif. Tak hanya itu, pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat menjadi ciri khas TP PKK dalam berbagai aspek pembangunan.

“Hal ini merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya, tak lupa pula penerapan gotong royong yang merupakan prinsip dasar TP PKK harus bisa terus digaungkan karena merupakan warisan bangsa,” tegasnya.

Lanjutnya, hal yang harus disadari kedepannya yaitu bahwa gerakan PKK sesungguhnya merupakan modal sosial bagi bangsa Indonesia melalui semangat gotong royong yang dilakukannya. Dan dengan memahami serta menyadari potensi yang dimiliki inilah makanan kemudian harus senantiasa dipelihara, dikembangkan dan digelorakan secara terus menerus.

Priska Adnan mengungkapkan, tema peringatan HKG PKK kali ini yaitu “Tingkatkan Kinerja Gerakan PKK Selaras Dengan Program Pemerintah” harus bisa menjadi pemicu semangat dalam membantu program-program pemerintah kabupaten/kota yang merupakan mitra kerja PKK. PKK harus bisa secara konsisten menggiring dan mendukung garis kebijakan pemerintah.

“Gerakan PKK harus senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika pembangunan yang ada. Berbagai dinamika pembangunan yang bisa terjadi harus dapat kita antisipasi dari berbagai kemungkinan yang ada,” ujarnya.

Kedepan, TP PKK harus bisa terus berupaya mendorong pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan keluarga melalui 10 program pokok PKK. Di antaranya meningkatkan mental spritual, meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, meningkatkan keterampilan keluarga dalam menolong pendapatan keluarga dan lainnya.

“Seluruh permasalahan sosial yang ada di masyarakat maupun keluarga dapat kita pecahkan jika dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan seluruh pihak yang ada,” tutup Priska Adnan. (*)


BACA JUGA