Tips Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Milenial

Selasa, 28 Januari 2020 | 15:46 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Generasi milenial tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi. Jika Anda merupakan bagian dari generasi milenial, tidak mengherankan jika Anda akrab dengan penggunaan alat komunikasi, media, dan teknologi digital. Hal ini juga berdampak pada minat bisnis yang mengarah pada pemaksimalan teknologi.

Sayangnya banyak yang terkendala untuk memulai atau mengembangkan bisnis karena tidak memiliki modal usaha yang cukup.  Namun, kabar baiknya adalah Anda bisa mendapatkan modal usaha di Financer.com. Berikut beberapa cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis yang cocok bagi generasi milenial.

1. Youtuber

Lahir dan tumbuh bersama perkembangan teknologi yang pesat, sudah sepantasnya Anda memiliki kreativitas yang lebih untuk menghasilkan konten. Kreativitas Anda sangat bisa dimanfaatkan untuk menekuni bidang ini. Selain kreativitas, menghasilkan konten yang menarik juga memerlukan alat yang mendukung yaitu, kamera yang bagus.



Jika Anda belum memiliki modal untuk membelinya, tidak usah khawatir. Sebab, kartu kredit bisa mengatasinya. Dengan memiliki Kartu Kredit, Anda bisa membeli kamera dengan cicilan yang bisa dibayar setiap bulan. Selain pembayaran terasa lebih ringan, menggunakan kartu kredit juga membuka kesempatan untuk Anda mendapatkan diskon atau promo dari toko tertentu.

2. Esport

Apa Anda suka main game online? Melalui esport (olahraga elektronik), Anda bisa menyalurkan hobi bermain game menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan uang. Anda bisa mengikuti turnamen game bersama para pemain profesional lainnya.

Untuk menjadi gamer profesional, Anda tentunya memerlukan seperangkat alat gaming, seperti laptop, headphone, keyboard, PC, mouse dan lain-lain untuk mendukung usaha Anda.

Lalu, bagaimana jika Anda belum punya uang yang cukup untuk membeli alat-alat tersebut? Tenang, Anda bisa berbelanja computer gaming atau alat lainnya menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kabar baiknya, Anda tidak memerlukan jaminan untuk mengajukan KTA ini. Anda juga dapat mencicilnya setiap bulan dengan bunga yang ringan.

3. Videografer

Membagikan (share) video yang unik atau lucu ke media sosial sepertinya sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Akan tetapi, tidak semua orang bisa membuat video semacam itu. Jika Anda merasa punya kemampuan dalam hal merekam dan mengedit video, tidak ada salahnya untuk terjun ke bisnis ini.

Anda juga tidak usah takut mempromosikan diri sebagai videografer hanya karena tidak punya kamera atau komputer yang mumpuni. Sebab, Pinjaman Online adalah salah satu solusinya. Anda hanya perlu menyiapkan persyaratan secara lengkap, kemudian Anda bisa memilih dan mengajukan pinjaman online yang sesuai kebutuhan lewat Financer.com.

Jika dana pinjaman Anda sudah cair, Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli kamera dan peralatan lainnya. Anda bisa melakukan pengembalian setelah bisnis Anda menghasilkan atau sampai kurun waktu yang telah disepakati dengan pemberi pinjaman, seperti bank, fintech, atau lembaga keuangan.

4. Influencer

Sudah saatnya hobi Anda bermain media sosial memberikan penghasilan. Jika selama ini Anda telah mengunggah konten yang merepresentasikan diri Anda dan mendapatkan pengikut (followers) secara konsisten, berarti Anda telah melewati satu tahap menuju influencer.

Biasanya ada perusahaan yang mengincar pengguna media sosial seperti Anda untuk melakukan endorsement terhadap produknya, dan dari situlah Anda bisa mendapatkan penghasilan. Anda juga bisa bergabung dengan agensi influencer yang akan menyalurkan jasa Anda kepada perusahaan yang ingin membentuk selera pasar melalui followers Anda.

Setelah mendapatkan penghasilan, Anda bisa menginvestasikannya di P2P Lending. Sebagai investor, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 18% loh. Uang Anda juga bisa terus berputar sembari Anda tetap menjadi influencer.

5. Ojek Online

Layanan transportasi digital berbasis ride hailing atau yang lebih dikenal sebagai ojek online semakin hari semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Setelah Gojek dan Grab, kini juga telah hadir Maxim, Amang Ojek, Bonceng, Atrans dan lain-lain. Karena banyaknya pilihan ojek online yang dapat digunakan, hal ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan potensial untuk Anda.

Untuk memulainya, cukup memilih layanan ojek online yang Anda inginkan untuk berafiliasi. Tentunya, Anda harus memiliki kendaraan motor dan smartphone agar Anda bisa mendapatkan customer dan penghasilan. Apabila Anda tidak memiliki kendaraan dan dan smartphone karena biayanya yang mahal, Anda dapat mengajukan Kredit Motor. Dengan begitu, Anda bisa mulai menghasilkan uang hingga jutaan rupiah. Dari pendapatan tersebut dapat digunakan untuk mencicil kredit motor setiap bulan dan membiayai kehidupan  Anda sehari-hari.

6. Bisnis Food Truck

Anda pasti sudah tahu pernah mendengar dan melihat food truck, bukan? Di Amerika Serikat, bisnis food truck adalah salah satu bisnis kekinian dan pemiliknya dapat menghasilkan uang hingga jutaan dollar. Di Indonesia sendiri, bisnis food truck juga sudah menjamur di berbagai kota.

Bisnis ini juga termasuk bisnis yang mudah dan ringkas karena biaya sewanya yang lebih murah dibandingkan menyewa kios yang permanen. Selain itu, Anda juga lebih fleksibel untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu bazar ke bazar lainnya yang lokasinya strategis dengan potensi penjualan yang besar

Nah, Anda dapat bisnis food truck sebagai usaha yang menghasilkan ratusan juta rupiah. Jika Anda terkendala untuk menjalankan usaha ini karena tidak memiliki mobil atau van yang dapat digunakan untuk berjualan. Anda dapat memanfaatkan kredit mobil agar bisa membeli kendaraan untuk bisnis makanan Anda.

Melihat kebiasaan generasi milenial yang doyan nongkrong sambil makan dipinggir jalan, bisnis ini akan mendapatkan pasar yang bagus, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan sekaligus melunasinya sesuai rentan waktu yang telah disepakati.

7. Salon dan Spa

Semakin hari, semakin banyak orang yang sadar bahwa memanjakan diri dengan perawatan tubuh merupakan hal penting untuk dilakukan. Dengan begitu, sasaran bisnis spa ini sudah cukup jelas kan? Jika sudah punya konsep salon dan spa yang unik dan baru, sudah saatnya untuk Anda mewujudkannya dalam bisnis. Mengingat bisnis salon dan spa membutuhkan peralatan yang cukup banyak, maka Anda bisa mendapatkan tambahan modal melalui Kredit Multiguna (KMG).

Anda bisa mengajukan kredit ini asalkan memiliki aset berharga untuk dijadikan jaminan. Akan tetapi, konsep bisnis Anda harus benar-benar matang. Anda perlu mendapatkan keuntungan agar bisa melunasi pinjaman. Anda perlu ingat bahwa aset berharga Anda sedang dijadikan sebagai jaminan. Jadi, Anda harus bekerja keras agar usaha Anda sukses dan menghasilkan uang untuk melakukan pengembalian dana.

8. Menyewakan Rumah 

Sewa rumah menjadi lahan bisnis yang cocok untuk Anda. Apalagi jika Anda sebenarnya sudah bekerja dan punya tempat tinggal. Anda bisa mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) untuk mendapatkan rumah dengan cara membayar cicilannya setiap bulan dalam waktu lebih dari lima tahun.

Jika kelak Anda ingin menambah properti untuk dijadikan investasi, Anda bisa mengajukan KPR lagi. Migrasi atau perpindahan penduduk  pada masa kini terhitung cukup tinggi. Menyewakan rumah untuk para pendatang merupakan langkah tepat bagi Anda memanfaatkan situasi.

9. Reseller

Menjadi reseller merupakan pilihan tepat untuk dijadikan bisnis sampingan. Bukankah milenial kerap mencoba hal baru? Meskipun Anda telah bekerja sebagai karyawan, hal itu tidak menutup kemungkinan. Teman-teman sesama karyawan justru bisa menjadi target pasar pertama.

Selain itu, Anda bisa mengajukan Pinjaman Karyawan untuk menambah modal. Anda perlu menyiapkan persyaratan, seperti identitas diri, slip gaji, dan surat keterangan kerja. Setelah deal, Anda bisa membayarkan cicilan dengan dua cara, yaitu payroll (pemotongan gaji setiap bulan) atau non-payroll (menyetor secara mandiri ke bank).

10. Travel Writer

Jika Anda suka jalan-jalan, travel writer berpenghasilan akan menjadi usaha yang sangat potensial. Anda bisa menghasilkan ulasan (review) untuk layanan jasa atau tempat wisata. Ulasan yang konsisten dan menarik akan menarik penyedia jasa atau pengelola pariwisata untuk membayar Anda atau paling tidak memfasilitasi biaya perjalanan Anda dalam rangka memperkenalkan produknya.

Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa setiap perjalanan memiliki resiko yang besar. Sudah seharusnya Anda memiliki asuransi yang akan menjamin perjalanan Anda apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, Asuransi akan memberikan kompensasi pembatalan perjalanan, ganti rugi atau kerusakan bagasi, dan yang paling penting, menjauhkan Anda dari rasa was-was selama perjalanan.

Pembaca yang budiman, itulah cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis milenial. Sudah saatnya Anda menentukan bisnis apa yang sesuai dengan hobi dan cita-cita Anda. Jika butuh dana untuk mendukung bisnis Anda, jangan lupa mengajukannya di Financer.com. Karena layanan Financer.com gratis digunakan kapan saja dan dimana saja selama Anda punya gadget dan koneksi internet.(*)