Logo SNMPTN

SNMPTN 2020 Diperpanjang Khusus Pendaftar KIP

Kamis, 27 Februari 2020 | 11:34 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 akan segera ditutup pada hari ini, Kamis (27/02/2020). Akan tetapi, bagi pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP), pendaftaran seleksi ini bakal diperpanjang hingga 31 Maret nanti.

Melalui rilis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih menjelaskan pendaftaran akan mengikuti waktu pendaftaran KIP Kuliah, yakni mulai tanggal 2 sampai 31 Maret 2020.

Bagi calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dan belum memiliki KIP tetap dapat melakulan pendaftaran. Meski begitu, dia menyampaikan agar mereka tidak melakukan finalisasi pada pendaftaran SNMPTN sebelum mendaftar KIP.

“Pendaftaran KIP Kuliah dimulai awal Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami imbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu,” tegasnya.



Ketika, pendaftaran KIP telah tuntas maka bisa dilanjutkan dengan melakukan finalisasi SNMPTN dan mencetak kartu.

Bagi calon mahasiswa tidak membutuhkan dukungan biaya pemerintah dan ingin mendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN. Mereka dapat melakukan pendaftaran hingga tanggal ditentukan 27 Februari 2020 dan langsung melakukan finalisasi.

Begitu pun bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP pada jenjang pendidikan sebelumnya. Jika belum, dapat mendaftar di http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Sementara itu, proses pendaftaran SNMPTN 2020 dapat dilakukan melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id/. (*)

*Reporter: Agung Eka


BACA JUGA