Ilustrasi Covid-19

Ini 20 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Covid-19

Kamis, 02 April 2020 | 17:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

10. Apakah makan bawang bisa mencegah Covid-19?

TIDAK

pt-vale-indonesia

Kandungan bawang putih memang diketahui memiliki suatu senyawa anti bakteri, tapi tidak memiliki aktivitas anti virus. Tidak ada bukti dari wabah saat ini bahwa makan bawang telah melindungi orang dari Covid-19.

11. Apakah konsumsi antibiotik dapat mencegah penularan Covid-19?

TIDAK

Antibiotik tidak bekerja melawan virus, hanya melawan bakteri. Oleh karena itu, antibiotik tidak boleh digunakan sebagai sarana pencegahan atau pengobatan tanpa pengawasan yang efeknya lebih membahayakan. Namun, jika anda dirawat di rumah sakit akibat Covid-19, Anda mungkin menerima antibiotik dengan tujuan mencegah infeksi bakteri lain yang mungkin terjadi.

12. Apakah hand sanitizer membantu melawan Covid-19?

YA

Berdasarkan anjuran WHO dan Tenaga Kesehatan untuk cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sedikitnya selama 20 detik. Gunakan hand sanitizer berbasis alkohol yang setidaknya mengandung alkohol 60 %, jika air dan sabun tidak tersedia.

13. Apakah dengan merokok dapat mencegah terinfeksi dari Covid-19?

TIDAK

Perokok cenderung lebih rentan terhadap Covid-19. Tindakan merokok berarti jari (kemungkinan rokok yang terkontaminasi) bersentuhan dengan bibir yang meningkatkan kemungkinan penularan virus dari tangan kemulut. Perokok juga mungkin sudah memiliki penyakit paru-paru atau berkurangnya kapasitas paru-paru yang akan sangat meningkatkan risiko penyakit serius.

14. Apakah Covid-19 dapat menular melalui kotoran manusia?

TIDAK

Pemahaman mengenai Covid-19 masih perlu studi lebih lanjut. Sampai saat ini, penularan dari Covid-19 dari manusia ke manusia diketahui melalui droplet/tetesan cairan yang dikeluarkan melalui mulut saat batuk, bersin, bahkan berbicara. Tetap jaga kebersihan tubuh Anda dan lakukan pola hidup sehat seperti berolahraga dan makan makanan bergizi.

15. Apakah minum air panas/dingin dapat membunuh Covid-19?

TIDAK

Sampai saat ini, tidak ada penjelasan dan bukti ilmiah mengenai hal ini. Meskipun air dapat mengurangi gejala serak, tapi konsumsi air yang terlalu panas justru dapat membuat saluran pencernaan iritasi, begitu pula dengan air dingin yang justru dapat menimbulkan penyakit saluran pernapasan lainnya.

16. Apakah pemberlakuan social distancing adalah reaksi berlebihan?

TIDAK

Pertahankan jarak setidaknya 1 meter antara Anda dan siapa saja yang berbicara, batuk atau bersin. Mengapa? Ketika seseorang berbicara, batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus Covid-19 jika orang tersebut menderita batuk. Ini adalah cara kita peduli pada diri sendiri dan orang lain.

17. Apakah minum minuman beralkohol dapat membunuh Covid-19 dalam tubuh?

TIDAK

Minuman alkohol malah memberikan dampak buruk terhadap tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit, tidak ada satupun referensi yang mengatakan manfaat baik terhadap konsumsi alkohol. Tetap konsumsi makanan dan minuman yang bergizi ya. Setiap makanan yang kita konsumsi akan memberikan pasokan nutrisi bagi tubuh terutama kebutuhan protein dan vitamin yang mampu melindungi tubuh dalam melawan penyakit.

18. Apakah vitamin dan suplemen lain dapat membantu mencegah tertularnya Covid-19?

YA

Memang benar vitamin sebagai upaya untuk mencegah kita terinfeksi dari paparan penyakit dengan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Tapi perlu kalian ketahui, berbagai vitamin dan suplemen bukan untuk membunuh Covid-19 loh.

19. Apakah kematian karena penyakit non-infeksi lebih besar dibanding Covid-19?

YA

Penyakit jantung iskemik dan stroke adalah pembunuhterbesar di dunia. Tapi harus kalian ketahui kematian tersebut tidak menular dan tidak serentak. Sedangkan Covid-19 bisa menular sangat cepat dan menimbulkan kepanikan massal dan sampai saat ini belum ada vaksin untuk virus ini.

20. Apakah batuk, flu, demam sudah pasti Covid-19?

TIDAK

Menurut Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dan WHO mengatakan benar gejala di atas merupakan ciri-ciri dari infeksi Covid-19 dengan catatan adanya riwayat kontak dengan orang yang terjangkit/riwayat perjalanan kewilayahatau negara yang terjangkit. Segera memeriksakan diri anda kelayanan kesehatan bila memiliki gejala di atas dan riwayat perjalanan/kontak yang terjangkit.(*)

Halaman: