FOTO: Ketua Komisi A DPRD Kota Makassar, Supratman memantau pelayanan di Kantor Disdukcapil Makassar/Kamis, 16 Januari 2020/GOSULSEL.COM

Disdukcapil Makassar Kembali Buka Layanan Urus e-KTP, 250 Antrian Per Hari

Jumat, 28 Agustus 2020 | 06:30 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kabar baik untuk warga Kota Makassar. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar telah kembali membuka pelayanan e-KTP. Baik pengurusan atau pengambil bisa dilakukan di kantor sejak Rabu (26/08/2020).

Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Aryati Puspa Abadi, mengatakan kebijakan ini tersebut diberlakukan mengingat kasus Covid-19 telah melandai. Sebagaimana yang telah dianalisa oleh Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar.

“Meskipun Makassar masih zona merah, jadi kami memutuskan untuk kembali bisa membuka pelayanan terbatas di Capil Alauddin,” ucapnya saat ditemui di Balai Kota, Kamis (27/8/2020).

Dijelaskan oleh Puspa, adapun syarat bagi masyarakat yang ingin mengurus dan mengambil e-KTP di kantor secara langsung ialah dahulu membuka website resmi Dukcapil https://www.dukcapilmakassar.co.id/. Selanjutnya, di laman tersebut, mereka mesti mengambil nomor antrian.



Pihaknya pun membatasi warga yang datang ke kantor. Hanya 250 antrian per hari yang bisa dilayani untuk pengurusan atau pengambilan e-KTP.

“Kemudian mengambil nomor antrian di website dan datang pada hari kedatangan tanggal pelayanan karena ada pilihan tanggalnya,” jelasnya.

Sementara itu, warga yang datang harus mematuhi protokol kesehatan. Di kantor, mereka pun mesti memakai masker, menjalani pengecekan suhu tubuh, dan suhu tubuhnya harus di bawah 37.5 derajat celcius. Kemudian mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan.

Tak hanya di Kantor Disdukcapil. Sebelumnya, pihaknya juga telah membuka pelayanan secara langsung di Kantor DPM-PTSP Balai Kota Makassar. Dengan dibukanya di dua tempat, pembagian pelayanan sesuai kecamatan akan kembali terapkan.

“Akan terbagi 2 kembali sebagai semula PTSP melayani kecamatan yang ada di zona barat, ada 9 kecamatan,” jelasnya.

“Dukcapil Alauddin melayani untuk zona timur terdiri dari 6 kecamatan, yang seluruhnya kecamatan yang padat penduduk, kuota 250 Jadi total setiap hari rata-rata kami mengeluarkan antrian 500 dengan 2 zona,” sambungnya.

Diketahui zona barat yang dimaksud pada Kecamatan Rappocini, Manggala, Tamalate, Panakkukang, Tamalanrea, dan Biringkanaya. Sedangkan zona timur ialah Kecamatan Sangkarrang, Tallo, Wajo, Ujung Pandang, Bontoala, Mamajang, Makassar, Mariso dan Ujung Tanah. (*)


BACA JUGA