Humas IDI Kota Makassar, dr Wachyudi Muchsin.

Perkuat Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Tips Dokter Yudi

Senin, 28 September 2020 | 12:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat dipaksa untuk memperkuat imunitas tubuh. Hal ini dilakukan agar virus tidak dapat menyerang dan terus beraktifitas meski kondisi tak kondusif. 

Olehnya, dr Wachyudi Muchsin berbagi tips untuk menguatkan imun di tengah pandemi. Cara ini terbilang mudah dan murah untuk dilakukan.

pt-vale-indonesia

Yudi mengatakan kebahagiaan bisa menangkal virus Covid-19. Menurutnya, kebahagiaan tidak datang dari luar, melainkan berasal dari dalam diri.

“Kalau kita bahagia, imun alami akan muncul, dan menghalau segala jenis virus, termasuk Covid-19,” kata pria yang akrab disapa Dokter Koboi ini, Senin (28/9/2020).

Yudi juga menjelaskan bahwa ada dua jenis hormon kebahagiaan, yakni endorfin dan serotonin. Endorfin dikenal sebagai pereda nyeri, dan sebenarnya sudah terkandung secara alami di dalam tubuh. 

“Tergolong sebagai hormon kebahagiaan, endorfin berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan,” jelasnya.

Selain itu, endorfin juga membantu meningkatkan harga diri (self-esteem), mengurangi berat badan, dan mengurangi sakit saat persalinan. Sementara serotonin mirip dengan dopamin, yang merupakan hormon sekaligus neurotransmitter dalam mengatur suasana hati. 

Selain perihal mood, Dokter Koboi ini menyebut bahwa serotonin juga berperan dalam beberapa siklus. Seperti di siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan bernalar, dan daya ingat. 

Hormon ini, kata dia, menjalankan fungsi penting untuk kinerja tubuh. Mulai dari sistem reproduksi hingga suasana hati. 

Sesuai namanya, kedua hormon ini merangsang kebahagiaan dan kesenangan diri. Keseimbangan hormon-hormon tersebut berkaitan dengan suasana hati, dan berpotensi menyebabkan masalah jika terganggu keseimbangannya.(*)


BACA JUGA