Konferensi Pers tim Makassar Recover yang berlangsung di RM Wong Solo, Jumat (7/5/2021)/Ist

Program Makassar Recover Sudah Telan Rp50 M, Apa Saja Belanjanya?

Sabtu, 08 Mei 2021 | 23:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Makassar Recover menjadi program andalan Pemkot Makassar dalam penanganan Covid-19. Uji cobanya yang berjalan sejak 17 Maret sampai 3 Maret 2021 sudah menghabiskan anggaran Rp50,2 Miliar.

Demikian dibeberkan oleh Juru Bicara Makassar Recover, Indira Mulyasari. Ia menyebut anggaran untuk uji coba tahap awal tersebut telah digunakan untuk belanja barang, belanja jasa, dan dukungan anggaran kepada pihak-pihak yang terkait dengan program ini.

pt-vale-indonesia

“Untuk tahap awal total anggaran Rp50 Miliar, Rp200 juta yang dibelanjakan untuk kebutuhan awal seperti vaksinator, detektor, peralatan kedokteran, ada juga alat dan peralatan komputer, termasuk kontainer setiap kecamatan, dan supporting anggaran dari Pemerintah Kota kepada pihak yang ikut ambil bagian menyukseskan Makassar Recover,” beber Indira, Sabtu (8/5/2021).

Adapun pihak-pihak yang dimaksud ialah Satuan Tugas Pengurai Kerumunan atau Satgas Raika yang terdiri dari personel Satpol-PP, Binmas, Babinsa, dan aparat TNI-Polri. Juga termasuk pihak dari Persatuan Perawatan Nasional Indonesia (PPNU), dan Ikatan Dokter Paru Indonesia.

“Itu juga kami support anggaran dalam rangka penanganan Covid-19 dan program Makassar Recover ini,” jelas Indira.

“Jadi semua ini adalah belanja jasa, belanja barang, dan hal-hal yang diperlukan dalam tahap awal uji coba Makassar Recover,” sambung Mantan Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini.

Sementara, untuk total anggaran program ini diasumsikan sebesar Rp380 miliar. Namun, kata Indira, jumlah ini sewaktu-waktu bisa berubah bergantung pada situasi dan kondisi Covid-19 di Makassar.

“Tapi kalau kita lihat keadaan, ini bisa saja kurang dari itu karena kita lihat Makassar sudah menurun angka kasusnya,” jelasnya.

Selain itu, Indira juga membeberkan sejumlah bantuan yang telah diterima Pemkot Makassar. Bantuan ini berasal dari pihak ketiga. 

Seperti 4.000 packs obat tradisional dari Yayasan Buddha Tzu Chi, Kemudian ada face shild, sarung tangan, hazmat dan sepatu boot dari Pegadaian. Lalu ada 11.200 masker medis dan masker KF94 dari Gojek dan 1.000 pcs masker dari CSR Pertamina.

Juru Bicara Makassar Recover lainnya, Maqbul Halim menambahkan, sejumlah kegiatan seperti testing, tracing dan triase sudah dilakukan selama tahap uji coba. Rencananya, program inti Makassar Recover akan dimulai secara serentak dalam waktu dekat ini.

“Program inti Makassar Recover akan segera berjalan, tidak lama setelah Idulfitri,” pungkas Maqbul.(*)


BACA JUGA