Dinas PU Kota Makassar bersama BBWS Pompengan Jeneberang melakukan peninjauan di Sungai Biringjene, Selasa (18/05/2021)/Ist

Bersama BBWS, Dinas PU Makassar Tinjau Normalisasi Sungai Biringjene

Selasa, 18 Mei 2021 | 22:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar bersama BBWS Pompengan Jeneberang melakukan peninjauan di Sungai Biringjene, Selasa (18/05/2021). Kedua pihak melihat progres normalisasi sungai.

Kegiatan ini merupakan hasil tindak lanjut pertemuan Kepala BBWS Pompengan Jeneberang bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto beberapa waktu yang lalu. Di mana ingin menuntaskan persoalan banjir melalui normalisasi Sungai Biringjene.

Plt Kepala Dinas PU Kota Makassar, Hamka datang meninjau langsung ke lokasi bersama Bidang PSDA. Kepada Kepala BBWS yang turut hadir, ia menyampaikan bahwa pihaknya sesuai instruksi wali kota telah bekerja semaksimal mungkin.

“Jadi tadi kita sudah sampaikan ke Kepala Balai Pompengan Jeneberang. Upaya pengerukan dan normalisasi aliran sungai Biringjene tersebut dalam rangka menjawab apa yang menjadi akibat setiap tahunnya daerah disekitar Kodam 3 selalu menjadi langganan banjir,” jelas Hamka.

Untuk tahap selanjutnya, Hamka mengatakan jika Dinas PU Makassar juga menyambut baik Pihak BBWS Pompengan Jeneberang yang ingin mengambil alih pembenahan badan sungai Biringjene.

“Setelah kami dan Pihak Balai meninjau progres normalisasi sungai yakni kita bersihkan semua yang jadi penghambat arus air sepeti pohon dan semak. Alhamdulillah hasilnya akses air sudah tembus dan pihak Balai akan melanjutkan pembenahan badan sungai Biringjene,” terang Hamka.

Terakhir, Hamka menambahkan bahwa pada tahap pembenahan badan sungai akan diambil alih oleh pihak Balai Pompengan Jeneberang. Laporan hasil kerja juga akan disampaikan ke Danny Pomanto.

“Selanjutnya akan kami sampaikan kepada bapak Wali Kota dan yang terpenting kami sampaikan, koordinasi dengan pihak Balai Pompengan akan terus kita lakukan,” tutup Hamka.(*)