BKIPM Makassar bersama Bank Mandiri memberikan bantuan dana kepada pelaku usaha bidang perikanan dalam acara Peduli Lingkungan di Pantai Beba, Takalar, Sabtu (29/05/2021)/Ist

Jaga Ekosistem Laut, BKIPM Gandeng Bank Mandiri Bersihkan Sampah di Pantai Beba

Minggu, 30 Mei 2021 | 18:05 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

TAKALAR, GOSULSEL.COM – Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar menggelar Bulan Mutu Karantina 2021. Agenda rutin ini memiliki tujuan menjaga ekosistem laut di Indonesia.

Secara spesifik, kegiatan ini bertujuan dalam mensosialisasikan peran strategis perkarantinaan dan keamanan hayati ikan. Serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

pt-vale-indonesia

Bulan Mutu Karantina juga diharapkan dapat menggerakan kesadaran masyarakat dan stakeholder terhadap pentingnya karantina dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan.

Juga memberikan apresiasi atas peran serta masyarakat, stakeholder dan instansi. Hal ini terkait dalam rangka menjaga kedaulatan, keberlanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

BKIPM Makassar sendiri menggelar kegiatan ini di Pantai Beba, Kecamatan Galesong Utara, Takalar, Sabtu (29/05/2021). Pihaknya pun menggandeng salah satu bank plat merah yakni Bank Mandiri.

Dinamakan BKIPM Pedili Lingkungan, kegiatan ini memiliki beberapa rangkaian agenda. Diantaranya, Apel Siaga, Bersih Pantai, Sosialisasi Ikan Sehat Bermutu, dan Restocking Benih Ikan Kakap Putih.

Kepala Balai Besar KIPM Makassar, Sitti Chadidjah menyebutkan bahwa kegiatan ini sebagai kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Terkhusud laut yang menyediakan protein hewani asal ikan untuk masyarakat.

“Kegiatan dilanjutkan dengan bersih pantai sepanjang 500 m oleh kurang lebih 200 peserta dari berbagai instansi dan pelaku usaha serta masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, sebanyak 2.000 ekor benih kakap putih juga ditebar di perairan laut beba untuk menambah populasi ikan kakap putih yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh nelayan. Benih ini merupakan hasil produksi benih dari Balai Budidaya Air Laut Takalar yang turut berpartisipasi aktif pada kegiatan ini.

“Untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya ikan sehat dan bermutu digelar Sosialisasi Ikan Sehat Bermutu di Pelabuhan Perikanan Beba sebagai tambahan pengetahuan kepada masyarakat mengenai cara memilih ikan sehat dan bermutu,” sambungnya.

Sebagai pihak yang mendukung kegiatan ini, Bank Mandiri Wilayah X Sulawesi dan Maluku membawa solusi finansial bagi pelaku usaha bidang perikanan.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj Regional CEO Bank Mandiri Wilayah X Sulawesi dan Maluku, Muhammad Ashidiq Iswara. Kata dia, apa yang dilakukan oleh BKIPM perlu didukung.

“Bank Mandiri sebagai satu-satunya perbankan yang mensponsori kegiatan ini. Kami harapkan bisa memberikan manfaat bagi masyakarat,” ujarnya.

Kegiatan ini menggandeng berbagai instansi. Seperti pemerintah, TNI/Polri, instansi swasta, LSM, pelaku usaha, dan masyarakat Kab. Takalar. (*)


BACA JUGA