Polisi melakukan olah TKP di RM Cang Kuning.

Begini Kronologi Karyawan RM Cang Kuning Gowa Tewas Terbakar

Selasa, 01 Juni 2021 | 14:27 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Peristiwa kebakaran yang terjadi di Rumah Makan Cang Kuning di Jalan Sultan Hasanuddin Gowa menelan satu orang korban jiwa.

Korban diketahui merupakan salah satu karyawan RM Cang Kuning bernama Kamaruddin (36).

pt-vale-indonesia

Kasubbag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan menjelaskan kronologis terjadi kebakaran tersebut.

Berdasarkan keterangan saksi Zul Fahmi (25) kata Tambunan, kebakaran itu terjadi saat salah seorang karyawan mengganti tabung gas.

“Kamaruddin (36) sementara mengganti tabung gas. Namun gas itu tiba-tiba bocor. Korban sempat diminta untuk membawa tabung gas itu keluar,” kata Tambunan, Selasa (1/6/2021).

Sementara itu lanjut Tambunan, saksi lainnya bernama Bahtiar (36) yang saat itu sedang makan sempat menegur korban agar segera menutup tabung gas dengan kain.

“Korban panik karena gas bocor. Korban membawa lari tabung gas kedalam kamar mandi lalu menyimpannya didalam ember yang berisi air dengan posisi tabung menghadap ke bawah lalu mengunci diri dalam kamar mandi,” kata Tambunan sesuai keterangan saksi.

Bersamaan dengan itu, kebakaran pun terjadi. Api mulai menjalar ke dinding dapur. Dua orang saksi pun lari dan menyelamatkan diri.

“Kedua saksi ini kembali lagi kedalam dapur untuk memadamkan api menggunakan tabung pemadam sekaligus mencabut regulator tabung gas yang masih terpasang di semua kompor yang ada,” terangnya.

Pasca kejadian, personel Polres Gowa dari Satuan Sabhara dan Tim INAFIS tiba di TKP sekitar pukul 21.00 Wita.

“Personel bersama petugas Damkar Gowa berhasil memadamkan api sekitar pukul 22.00 Wita. Sementara dalam kejadian tersebut ditemukan satu korban meninggal dunia dalam kamar mandi bernama Kamaruddin (36),” ungkap Tambunan.

Dalam kejadian ini, 4 korban yang mengalami luka bakar dan satu diantaranya ditemukan meninggal dunia. Semua korban merupakan karyawan rumah makan Cang Kuning.

“Korban luka bakar itu masing-masing bernama Edy (26), Samsul Baco (36), Sofyan (21). Sementara Kamaruddin tewas dalam peristiwa itu,” tambahnya.

Selain menelan korban jiwa, rumah makan Cang Kuning juga mengalami kerugian materil yang ditaksir sekitar Rp. 10 juta.

Ke 4 korban dilarikan ke rumah sakit Syekh Yusuf kabupaten Gowa untuk mendapatkan penanganan medis. Sementara korban yang meninggal dunia di rujuk ke rumah sakit Bhayangkara untuk dilakukan otopsi.

“Hasil komunikasi pihak kepolisian dengan keluarga korban menjelaskan bahwa pihak keluarga menolak untuk dilakukan otopsi selanjutnya jenazah dibawa oleh pihak keluarga ke rumah duka,” pungkas Tambunan. (*)

*Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA