Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan

Dua Tahun Latih Kader Posyandu, PKK Gowa Mampu Turunkan Angka Stunting

Rabu, 02 Juni 2021 | 23:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Angka stunting di Kabupaten Gowa pada bulan Februari 2021 mencapai 6,5 persen. Angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2019 dan tahun 2020. 

Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan tahun 2019 lalu angka stunting di Gowa mencapai 39,90 persen. Pada tahun 2020 mencapai angka 6,26 persen. 

pt-vale-indonesia

“Alhamdulillah tahun ini angka stunting di Gowa turun 6,10 persen,” katanya, Rabu (2/6/2021). 

Menurut Priska, angkat stunting di Gowa pernah cukup tinggi. Hal itu disebabkan karena data yang kurang valid. 

“Sehingga 2 tahun ini selain melatih kader posyandu, kami juga melakukan pembenahan administrasi posyandu sehingga anak yang ditimbang bisa diketahui penyebabnya dimana, dan setelah itu barulah didapatkan data riil yang alhamdulillah sangat menurun,” jelas Priska. 

Priska mengaku bahwa tantangan PKK kedepan adalah mencetak generasi emas. Dan itu tidak bisa dipenuhi jika gizi anak masih kurang. 

“Nah salah satu cara yang kita lakukan adalah kita buat kampanye pemberian ASI ekslusif kepada bayi karena pemberian asi kepada bayi 61 persen berisiko bebas stunting. Kita edukasi terus menerus kepada ibu hamil terlebih sekarang kebanyakan yang lebih memilih susu formula,” tambahnya.(*)

Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA