Kumpulkan 1.182 Kantong Darah Dalam Sehari, Ketua PMI Sulsel Terima Penghargaan LEPRID

Minggu, 07 November 2021 | 13:04 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Aksi kemanusiaan melalui donor darah yang rutin dilaksanakan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan berhasil meraih prestasi membanggakan.

Pasalnya melalui aksi mengumpulkan 1.182 kantong darah dalam pelaksanaan Aksi Sosial Donor Darah Bulan Ramadhan 2021itu. PMI Sulsel menerima penghargaan Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID).

Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 lalu ikut mempengaruhi ketersediaan darah. Sebab secara tidak langsung banyak pasien positif yang membutuhkan darah.

Oleh karenanya, PMI Sulsel gencar menggandeng banyak pihak untuk berkolaborasi mengumpulkan kantong darah guna membantu sesama yang membutuhkan. Salah satunya berkolaborasi dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulawesi Selatan.

“Di awal pandemi, banyak orang yang tidak mau untuk donor darah karena takut imunnya turun. Padahal dengan donor darah, imun kita justru meningkat. Karena darah yang kita donorkan diganti dengan darah baru yang lebih segar,” ujar Bupati Gowa sekaligus Ketua PMI Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan saat Menerima Medali dan Piagam Penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) atas Pelaksanaan Donor Darah PMI Sulsel Bekerjasama PSMTI Sulsel Tahun 2021, di Aula DR. Ichsan Yasin Limpo, SH., MH., Markas PMI Sulawesi Selatan, Makassar, Sabtu (6/11).

Menurut Adnan, penghargaan yang diterima ini adalah sebuah pengakuan. Pengakuan bahwa PMI Sulsel telah mengesampingkan kepentingan pribadinya untuk kepentingan orang banyak dengan melakukan kerja – kerja kemanusiaan.

“Di masa pandemi yang kita belum tahu kapan berakhirnya ini, saudara – saudara kita sangat membutuhkan uluran tangan dan bantuan dari kita. Salah satunya dengan donor darah yang terus kita laksanakan di beberapa titik,” terang Adnan.

Untuk diketahui, penghargaan yang didapatkan dari LEPRID kali ini adalah Prestasi Pendukung Aksi Sosial Donor Darah Bulan Ramadhan 2021 yang berhasil mengumpulkan sebanyak 1.182 kantong darah dalam 1 hari, dan diserahkan melalui Ketua PSMTI Sulsel Emmy Jita.

Di dalam sambutannya, Emmy Jita menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Program itu PMI Sulsel di bawah komando Adnan Purichta Ichsan karena telah berhasil menyukseskan program donor darah di bulan Ramadhan yang lalu.

“Kita kumpulkan darah bantu stok darah di PMI sebagai kepedulian pada sesama. Kami dibantu PMI Sulsel kumpulkan 1.182 kantong darah,” kata Emmy.

Rasa bangga juga disampaikan Emmy karena dapat terlibat dalam kolaborasi ini. Ia berharap ke depan akan ada lebih banyak kolaborasi lain yang dapat dilakukan bersama PMI.(*)


BACA JUGA