Pantai Tanjung Bira yang berlokasi di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan/INT

Yuk, Rencanakan Liburan ke Sulawesi Selatan Bareng Keluarga!

Kamis, 11 November 2021 | 17:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sudah saatnya Anda merencanakan liburan yang lebih panjang bersama keluarga ke Tana Toraja. Ikon terkenal dari Sulawesi Selatan ini memiliki banyak keindahan alam yang tentunya cocok untuk wisata.

Perencanaan yang matang pun harus dilakukan mulai dari booking Hotel di Makassar, pemilihan tempat wisata yang hendak dikunjungi sampai dengan transportasi. Bagaimana cara Anda bisa merencanakan liburan yang seru, bisa mengikuti tipsnya ini.

Tips Liburan Asyik ke Sulawesi Selatan dengan Keluarga

Sulawesi Selatan jadi tempat yang cocok untuk wisata bersama dengan keluarga bukan hanya karena keindahan alamnya saja. Setiap tempat wisata tidak sulit untuk dijangkau dengan kendaraan dan tidak terlalu jauh.

Jadi jika Anda mencari penginapan di kota Makassar, Anda masih fleksibel untuk menjangkau tempat wisata di kota lainnya. Baik itu wisata alam, wisata sejarah sampai kuliner yang unik akan Anda temui di sana.

Nah, supaya liburan jadi semakin asyik rencanakan dengan matang dengan beberapa tips berikut ini.

Pilih Alat Transportasi Pesawat

Soal alat transportasi sebenarnya pilihannya ada banyak, seperti pesawat dan juga kapal. Namun jika Anda ingin berkunjung dengan keluarga disarankan menggunakan pesawat.

Alasannya pesawat adalah alat transportasi yang cepat dan juga praktis. Anda tidak perlu menempuh perjalanan darat dan menyeberangi laut selama beberapa hari. Anda bisa memilih pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Pesawat tujuan Makassar ini ada yang langsung dari Jakarta ada juga yang berangkat dari bandara Surabaya. Anda bisa memilihnya ketika survey harga tiket pesawat tujuan Makassar yang sesuai budget.

Nanti setibanya di bandara Makassar Anda bisa naik taksi langsung pergi ke hotel tempat menginap. Selama berkeliling di Sulawesi Selatan Anda bisa menyewa mobil. Ada banyak tempat persewaan mobil pribadi dengan atau tanpa sopir yang bisa Anda pilih.

Pilih Hotel yang Ada di Tengah Kota

Tips kedua adalah memilih hotel atau akomodasi yang berada di tengah kota Makassar. Anda bisa dengan mudah menemukan hotel dengan segala fasilitas di Blibli. Cukup dengan memasukkan tanggal menginap, jumlah tamu dan lokasi maka Anda bisa melihat daftar hotel.

Selain itu melalui Blibli Anda juga bisa menentukan level hotel berdasarkan bintang, harga hotel serta fasilitas apa saja yang tersedia. Blibli telah menyediakan fitur pencarian yang lengkap untuk memperoleh hotel sesuai kebutuhan Anda.

Mengapa sebaiknya Anda memilih hotel yang berada di tengah kota? Tujuannya agar lebih mudah untuk mempermudah Anda melakukan wisata malam. Selain itu fasilitas seperti minimarket yang buka 24 jam sebagian besar berada di jantung kota Makassar.

Pada saat Anda membutuhkan barang dini hari akan lebih mudah mencarinya karena kota cenderung ramai. Tingkat keamanan di kota juga lebih baik.

Jangan Lewatkan Pantai Losari

Pantai Losari adalah salah satu ikon Sulawesi Selatan yang ada di kota Makassar. Letaknya persis di tengah kota yakni sebelah barat Makassar. Baik itu pagi, sore, sampai malam panai ini ramai dikunjungi dan airnya pun tenang.

Pada saat hari Minggu area di sekitar pantai ini bebas kendaraan bermotor hingga pukul sepuluh pagi. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi pantai Losari adalah sore hari, Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Oleh karena itu lebih baik untuk memilih hotel atau penginapan yang ada di sekitar pantai Losari. Anda pun bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki. Di wilayah ini ada banyak sekali kuliner lokal seperti pisang epe yang juga jadi daya tarik.

Kunjungi Tempat Bersejarah

Selain pantai yang ada di tengah kota, Sulawesi Selatan juga memiliki banyak tempat bersejarah yang wajib dikunjungi. Mengunjungi tempat bersejarah bisa memperluas wawasan mengenai nusantara.

Banyak tempat bersejarah di Sulawesi Selatan yang dirawat dengan baik sehingga nyaman untuk dikunjungi. Contohnya saja museum Balla Lompoa yang terletak di Sungguminasa tidak jauh dari pusat kota Makassar.

Anda hanya perlu berkendara selama beberapa menit dengan mobil sewaan untuk sampai di museum ini. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau sekitar 5 ribu rupiah saja. Di sini ada banyak peninggalan kerajaan Gowa seperti rumah panggung.

Masih ada juga tempat bersejarah lainnya seperti Benteng Somba Opu, Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat hingga Fort Rotterdam.

Mencicipi Kuliner Khas Sulawesi Selatan

Tidak lengkap rasanya jika Anda belum wisata kuliner juga ketika ada di Sulawesi Selatan. Anda tidak perlu takut soal kuliner yang tidak halal karena masih banyak makanan halal yang menggunakan bahan daging sapi.

Kuliner yang wajib dicicipi adalah Coto Makassar yang kaya rempah dengan bahan utama jeroan dan daging sapi. Anda bisa dengan mudah menemukan Coto Makassar di setiap sudut kota.

Jika suka dengan iga sapi, Anda perlu mencoba Konro yaitu sup iga yang juga dengan bumbu rempah sangat lezat. Tidak ketinggalan juga dessert khas Sulawesi seperti es pisang ijo yang menggunakan pisang dan dibalut tepung dan disantap dengan es serut dan sirup..

Ada juga es pallu butung yang juga menggunakan pisang namun bedanya pisang dipotong kecil-kecil dengan kuah santan yang mirip bubur sumsum. Biasanya dessert ini tersedia di tempat penjual Coto Makassar.

Masih banyak tempat wisata dan kuliner yang bisa Anda kunjungi selama berada di Sulawesi Selatan. Jangan tunda lagi untuk merencanakan liburan, Anda bisa mulai mencari tiket pesawat dan hotel secara online.

Sisanya Anda tinggal menentukan tempat wisata mana saja yang hendak dikunjungi dan jangan lupa cari juga tempat persewaan mobil pribadi.(*)


BACA JUGA