Kementan Raih Dua Penghargaan di Kompetisi PR Indonesia Award 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 | 16:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

SEMARANG, GOSULSEL.COM — Kementerian Pertanian (Kementan) meraih dua penghargaan bidang Kehumasan di ajang kompetisi Public Relations Indonesia Award (PRIA) 2022. Dua penghargaan tersebut berupa trofi kanal digital untuk subkategori media sosial kategori Kementerian serta untuk kategori Kementerian Terpopuler di Media Cetak 2021.
 
Founder dan CEO PR Indonesia Group, Asmono Wikan mengucapkan selamat kepada para pemenang PRIA 2022 dan berterimakasih atas partisipasi seluruh pihak yang ikut serta dalam kompetisi ini. Ia menyebut tahun ini jumlah peserta yang berpartisipasi mengalami peningkatan yang signifikan.

“Dari tahun ketahun kami mengalami peningkatan entry yang luar biasa, tahun lalu kami menerima 609 entry dari 9 kategori kompetisi, tahun ini kami menerima 789 entry dari 9 kategori, ini menunjukan bahwa kerja kehumasan adalah kerja yang sangat mulia dan strategis” ungkapnya pada acara The 7th PR Indonesia Awards di Po Hotel, Semarang.

pt-vale-indonesia

PRIA merupakan ajang untuk mengapresiasi kinerja humas/public relations (PR) yang unggul dari korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia. PRIA mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi/organisasi.

Sebagai satu-satunya ajang kompetisi PR paling komprehensif di Indonesia sejak 2016, PRIA menjadi barometer kinerja komunikasi yang patut diikuti oleh segenap korporasi/organisasi.
 
Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan penghargaan ini merupakan bagian dari upaya dan hasil kerja keras para Insan Humas di Kementan. Saat ini Humas dituntut agar mampu melakukan berbagai bentuk transformasi, berinovasi dan menggunakan teknologi agar mampu berkawan dengan perubahan termasuk dunia digital.

“Kami memiliki 156 pranata humas tersebar hingga tingkat UPT Kementan didaerah yang ada di Indonesia, kekuatan SDM ini menjadi aset kami untuk terus meningkatkan kapasitas dan efektivitas kehumasan di Kementan, termasuk memaksimalkan sirkulasi informasi pembangunan pertanian di era digital yang tengah berkembang pesat saat ini” tegas Kuntoro.

Selain menjadi apresiasi yang membanggakan, penghargaan ini kata Kuntoro, bisa menjadi barometer sekaligus evaluasi terhadap kerja kehumasan di internal. Kuntoro menilai Humas Kementan akan lebih cakap dalam menentukan pendekatan-pendekatan komunikasi ditengah perkembangan media yang sangat pesat. Ia berharap penghargaan ini turut memicu kinerja Humas kedepan agar berjalan lebih efekfif dan efisien.

“Fungsi humas di pemerintahan sudah menjadi kebutuhan yang sangat strategis, saya harap penghargaan ini dapat meningkatkan kualitas kehumasan di Kementan kedepan” tegas Kuntoro.

Sebagai informasi, penghargaan Sub Kategori Media Sosial yang berhasil diraih Kementan telah melalui proses penilaian berbasis penjurian. Dewan Juri di ajang ini terdiri dari para pakar PR dan CSR, konsultan/agensi PR, tokoh asosiasi/organisasi PR, jurnalis dan fotografer senior, pakar desain dan branding, dan pakar media sosial.

Melengkapi kategori berbasis penjurian tersebut, PR Indonesia bekerjasama dengan KAZEE Digital juga menghadirkan kategori TERPOPULER DI MEDIA CETAK yang berbasis jumlah eksposur dengan totality positif di 174 media cetak mainstream di Indonesia, sepanjang 1 Januari-31 Desember 2021.(*)


BACA JUGA