Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad

Buka Kegiatan Pendampingan, Kadisdik Gowa Harap Sekolah Ikuti IKM Jalur Mandiri

Selasa, 22 November 2022 | 22:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Gowa Taufiq Mursad sangat mendukung upaya pelibatan sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) khususnya jalur mandiri. Ia mengatakan bahwa data menunjukkan hanya 43% sekolah di Gowa yang mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Hal tersebut ia sampaikan pada pembukaan kegiatan pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur mandiri untuk Kabupaten Gowa di Aula SMKN 2 Gowa, Selasa (22/11/2022).

“Data menunjukkan kita di Gowa sekolah-sekolah ini baru 43% yang mengikuti kurikulum merdeka. Maka kesempatan untuk sekolah-sekolah yang memiliki potensi dan kemampuan yang lebih untuk bisa mengikuti jalur mandiri bagi yang belum tuntas supaya lebih cepat, sehingga diharapkan peningkatan sekolah yang melakukan implementasi kurikulum merdeka ini bisa juga kita percepat,” jelasnya.

Disampaikannya, saat ini Disdik Gowa sedang menyusun integrasi dan sinkronisasi antara program unggulan pemerintah daerah yaitu Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB), Iman dan Taqwa (Imtaq) Indonesia, serta IKM.

“Karena kita meganggap bahwa seperti SKTB dan Imtaq ini memiliki kesamaaan, prinsip-prinsip, yang ada di IKM sehingga kita ingin melakukan sinkronisasi sehingga tidak dianggap sebagai suatu program yang berbeda tetapi itu adalah program yang sama atau serupa. Sehingga sekolah-sekolah akan lebih mudah menerapkan program-program unggulan pemerintah daerah dan juga program nasional seperti kurikulum merdeka,” tutupnya.(*)


BACA JUGA