Peringatan Hari HAM ke-74, Pemkab Gowa Raih Penghargaan dari Kemenkumham

Selasa, 13 Desember 2022 | 17:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di bawah kepemimpinan Bupati Adnan Purichta Ichsan dan wakilnya, H. Abd Rauf Malaganni kembali meraih penghargaan. Kali ini, Kabupaten Gowa dianugerahi penghargaan sebagai salah satu Kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2021.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dirangkaikan dengan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-74 Tahun 2022. Dengan mengangkat tema ‘Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju’. Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 Tahun 2022 kali ini bertempat di Golden Ballroom, the Sultan hotel & Residence Jakarta pada Senin (12/12/2022) kemarin.

pt-vale-indonesia

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, Kabupaten Gowa berhasil menerima penghargaan tersebut salah satunya karena upaya keberpihakan Pemkab Gowa terhadap kaum difabel.

“Gowa di beberapa fasilitas telah memenuhi persyaratan itu. Salah satunya menyiapkan semua fasilitas untuk semua kawan-kawan disabilitas atau difabel,” ungkapnya.

Menurutnya, penghargaan kali ini merupakan penghargaan yang ke 170 yang telah diraih Pemkab Gowa semasa ia menjabat.

“Gowa juga mendapatkan Kabupaten peduli anak, sehingga indikator yang menjadi perhatian utama pemerintah untuk hak asasi manusia, kabupaten Gowa telah memilikinya dan mendapatkan penghargaan ini menjadi penghargaan ke- 170 bagi kami,” jelasnya.

Sementara Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, mengatakan tema hari HAM yang dipilih oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun ini merefleksikan hak setiap manusia adalah sama, baik martabat, kebebasan dan keadilan (Dignity Freedom dan Justice for All). Hak Asasi Manusia menjadi amanat yang tidak terpisahkan.

“Peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2022, yang mengusung tema “Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang menuju Indonesia Maju memastikan pembangunan yang tidak meninggalkan siapapun atau “No one left behind, untuk memastikan setiap kelompok rentan dan marjinal menikmati kualitas tertinggi hak asasi manusia,” katanya.

Kegiatan Peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 Tahun 2022 dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly,  Para Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Gubernur Dan Kepala Daerah Kab/ Kota yang menerima penghargaan peduli HAM.(*)


BACA JUGA