Melalui Urban Farming, Dosen Unibos Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Tanjung Merdeka Makassar

Rabu, 28 Desember 2022 | 14:07 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dosen Universitas Bosowa (Unibos) membantu meningkatkan ekonomi masyarakat Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Makassar. Caranya melalui penerapan konsep urban farming dan pemanfaatan limbah bangunan yang merupakan bagian dari Program Kemandirian Masyarakat (PKM).

PKM ini merupakan program insentif yang terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Dan dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemenristek melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unibos.

PKM ini diketuai oleh Prof Batara Surya. Rektor Unibos ini didampingi Amiruddin sebagai anggota.

Prof Batara Surya menejelaskan ada tiga pola yang diterapkan dalam meningkatkan ekonomi warga Kelurahan Tanjung Merdeka Kota Makassar. Diantaranya urban farming dengan pola Hidroponik, urban farming dengan pola budidaya udang vaname sistem kolam terpal dan pemanfaatan limbah bangunan. Bukan hanya itu masyarakat juga dibuatkan aplikasi online dan dilatih untuk memasarkan produk masyarakat.

“Kami menerapkan system urban farming kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Merdeka Kota Makassar tentunya untuk memanfaatkan wilayah di sekitar padat penduduk dan memberdayakan masyarakat agar memperoleh bahan pangan bagi rumah tangga dan memberikan pendapatan baru bagi warga,” jelasnya, Selasa (27/12/2022).

“Dalam penerapannya kami membuatkan wadah Hidroponik, Bioflok untuk budidaya udang Vaname dengan kapasitas 30.000 ekor dan pemanfaatan limbah dari paralon,” tambah Prof Batara Surya.

Selanjutnya, Lurah Tanjung Merdeka, Andi Sofyar Bau Djemma turut mengucapakn terimakasih kepada Tim Dosen Unibos. Sebab, telah memberikan pembinaan dan memberdayakan masyarakat kelurahan Tanjung Merdeka Kota Makassar.

Ia juga berharap agar program pemberdayaan dan pembinaan ini dapat terus berlanjut. “Kami sangat berterimakasih kepada Unibos khususnya Rektor Unibos Prof Batara Surya yang langsung memberikan pembinaan dan bantuan kepada masyarakat,” jelasnya.

Tim Unibos, kata dia, telah membangun Hidroponik Vertical serta memfasilitasi bibit tanaman dan membina warga bagaiamana cara pembuatan wadah, pembibitan, pemanenan hingga pemasaran. Begitu pun halnya dengan Udang Vaname, dosen Unibos memberikan 30.00 bibit dan kami juga dilatih untuk memasarkan produk.

“Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, kami berharap program ini dapat terus berlanjut,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA