MoU Pemkab Gowa dengan PT PNM Cabang Kota Makassar terkait pemberdayaan UMKM/ Ist

Pemkab Gowa MoU dengan PT PNM Untuk Peningkatan Kualitas UMKM

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemkab Gowa melakukan MoU dengan PT PNM Cabang Makassar terkait pemberdayaan UMKM di Kabupaten Gowa dan penyediaan calon karyawan PT PNM.

Penandatanganan kerjasama itu berlangsung di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Selasa (24/01/2023) kemarin.

pt-vale-indonesia

MoU dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Gowa, Mahmudi dengan Pemimpin Cabang PT PNM, Maimun Bakri yang disaksikan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Usai MoU, Bupati Gowa, Adnan mengatakan dalam visi, misi dan RPJMD Kabupaten Gowa, UMKM merupakan salah satu dari lima program prioritas Pemkab Gowa. Untuk itu, penandatanganan ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan program prioritas tersebut.

“Menindaklanjuti itu, maka hari ini kami melakukan penandatanganan bersama PT PNM Cabang Makassar sebagai upaya peningkatan UMKM dan menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Adnan mengaku, UMKM bukan hanya terkait permodalan saja, namun harus ada pendampingan, dan pemasaran agar kualitas UMKM sesuai dengan standar yang ada.

“Dalam MoU ini juga akan dikawal pemasarannya agar usahanya bisa lebih berkembang lagi di masa yang akan datang,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Sementara Pemimpin Cabang PT PNM, Maimun Bakri mengatakan PT PNM merupakan salah satu BUMN yang berfokus pada memberdayakan UMKM, khususnya permodalan dan peningkatan kapasitas UMKM.

Dirinya menyebut, saat ini jumlah outlet PT PNM yang ada di Kabupaten Gowa berjumlah 13 outlet dengan total nasabah 433 ribu. Dimana diantaranya terdapat 60 ribu nasabah dari UMKM Kabupaten Gowa.

“Kami di Cabang Makassar sudah ada sejak tahun 2000 dengan jumlah outlet 103 unit. Khusus di Gowa sudah ada 13 outlet dan sebentar lagi akan membuka unit lagi yang diharapkan putra-putri Gowa bisa menjadi karyawan kami sesuai dengan PKS ini,” tutupnya.(*)


BACA JUGA