Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama unsur Forkopimda Pemkab Gowa, turun langsung ke pasar mengecek kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan yang kerap terjadi jelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri/ Ist

Bupati Gowa Bersama Forkopimda Cek Harga dan Stok Komoditas di Pasar Tradisional

Kamis, 23 Maret 2023 | 20:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan yang kerap terjadi jelang bulan suci Ramadan dan Idulfitri membuat Pemerintah Kabupaten Gowa dan Forkopimda tidak tinggal diam.

Untuk memastikan hal tersebut, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Sekda Gowa, Kamsina dan pejabat Forkopimda Gowa turun langsung mengecek sejumlah pasar tradisional. Pasar tersebut antara lain Pasar Minasa Maupa dan Pasar Sentral Sungguminasa, Rabu (22/03/2023).

Peninjauan yang dilakukan ini untuk mengetahui harga dan stok komoditi dalam keadaan aman dan terkendali.

“Hari ini kita melakukan rapat TPID untuk melihat harga-harga bahan pokok jelang Ramadan dan Idulfitri, dilanjutkan dengan mengecek langsung di dua pasar untuk menyesuaikan data laporan yang diberikan dengan harga yang ada di lapangan,” ungkap Adnan.

Dirinya mengaku setelah melakukan pengecekan memang terjadi kenaikan harga yang tidak terlalu signifikan pada beberapa komoditas yakni sekitar 10-20 persen. Sehingga masih dalam tahap wajar karena kebutuhan masyarakat juga meningkat.

“Memang ada terjadi beberapa kenaikan tapi masih dalam batas toleransi, jika sudah diatas 20 persen itu baru kita lakukan intervensi tergantung pada pokok permasalahannya, apakah masalahnya pada produksi atau distribusi,” tambah orang nomor satu di Gowa itu.

Ia menegaskan jika ditemukan permasalahan pada distribusi atau adanya penimbunan pada oknum-oknum tertentu, maka pihaknya akan menindak tegas melalui TNI, Polri dan Kejaksaan.

“Kalau misalnya dari produksi berarti harus ada langkah-langkah intervensi yang akan kita lakukan, namun jika terkait dengan distribusi ini perlu kita cek siapa tahu ada yang melakukan penimbunan. Artinya kami siap melakukan intervensi yang jelas kami ingin pastikan bahwa memasuki bulan suci Ramadan dan juga persiapan Idulfitri, stok komoditi yang ada di Kabupaten Gowa dalam kategori aman dan masyarakat bisa menjangkaunya secara keseluruhan,” tegas Adnan.

Sementara Salah satu pedagang ayam di Pasar Minasamaupa, Rahmi mengaku kenaikan harga terjadi jelang Ramadan ini, dimana setiap ekornya mengalami kenaikan hingga Rp10 ribu.

“Memang setiap mau puasa harga naik, misalnya yang dulu Rp35 ribu per ekor sekarang Rp40 ribuan, dan yang besar biasanya Rp50 ribuan, sekarang Rp60 ribuan. Tergantung besarnya juga,” katanya.

Kendati demikian, meskipun terjadi peningkatan, permintaan juga meningkat. Pasalnya jika hari biasa hanya mampu menjual hingga 50 ekor, namun belakangan ini bisa menjual sampai 150 ekor ayam perharinya.

Hal berbeda diungkapkan Hj Asni yang merupakan pedagang barang campuran, dimana hampir semua dagangannya masih tergolong aman atau tidak terjadi kenaikan harga.

“Semuanya masih aman, seperti Minyak Sunco, Minyak Kita, kalaupun ada yang naik seperti kacang yang dulu Rp25 ribu/kg, sekarang Rp28-30 ribu/kg, artinya masih aman,” ujarnya.

Olehnya dirinya berharap di bulan suci Ramadan 1444 Hijriah ini, keberkahan bisa diraih khususnya terkait dagangannya yang bisa terjual dengan baik agar perekonomian masyarakat tersebut juga semakin meningkat.

“Semoga bulan suci ini semakin banyak pembeli, supaya dagangan kita bisa laku dan uangnya terputar,” harap Hj Asni.(*)


BACA JUGA