Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Prodi Teknik Listrik Poltekbos bersama Enercon AsiaPTE LTD, bertempat di Kampus Poltekbos, Senin (27/03/2023)/ Ist

Gandeng Perusahaan Singapura, Poltekbos Kembangkan Monitoring Sistem Kelistrikan

Rabu, 29 Maret 2023 | 17:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Teknik Listrik Politeknik Bosowa (Poltekbos) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Enercon AsiaPTE LTD. Bertempat di kampus Poltekbos, Senin (27/03/2023).

Enercon AsiaPTE LTD merupakan perusahaan Singapura yang bergerak di bidang energi dan kontrol. Perusahaan ini mengerjakan projek sinkronisasi pembangkit, maintenance genset kapasitas besar, sistem monitoring daya, SCADA dan IoT.

Direktur Poltekbos, Alang Sunding dalam sambutannya menuturkan kerjasama dalam MoU ini mencakup poin-poin penting. Sebagaimana Tri Dharma Perguruan Tinggi di realisasikan.

“Kita sangat bersyukur Nota MoU telah dilaksanakan pada hari ini. Poltekbos berharap kerjasama prodi teknik listrik bisa go internasional dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Selain itu, kerjasama yang terjalin terkait pendidikan dan penelitian.

Pada bidang pendidikan akan direalisasikan dengan Forum Group Discussion (FGD), pelatihan, magang, kuliah tamu dan Penyusunan Kurikulum.

Sedangkan pada bidang penelitian meliputi penelitian dan pengembangan sistem kontrol dan monitoring sistem kelistrikan.

Menurut Ketua Program Studi Teknik Listrik, Umar Muhammad memaparkan pemilihan kerjasama dengan Enercon bertujuan untuk mencari mitra yang dapat diajak sharing informasi. Itu tentang teknologi terutama di bidang kelistrikan.

“Alhamdulillah, disaat bersamaan pihak Enercon AsiaPTE LTD juga akan melakukan kerjasama dengan Bosowa, sehingga kami sebagai unit pendidikan meminta kesediaan untuk menjadi mitra kerjasama kami,” papar Umar.

Pihak Enercon AsiaPTE LTD, Executive Chairman Azhar Othman, menyambut baik kerjasama ini. “Kerjasama ini sebagai simbiosis mutualisme dan dari pihak kami juga sangat senang berbagi ilmu, utamanya sharing knowledge bisa mengembangkan pengetahuan dan menciptakan produk-produk baru,” pungkasnya.(*)