Performa Handal NMAX Turbo Tuntaskan Tour Boemi Nusantara Eksplor Keindahan Sulsel

Senin, 21 Oktober 2024 | 16:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Yamaha NMAX Turbo sukses menuntaskan Tour Boemi Nusantara (NTBN) terakhir di Sulawesi dengan menempuh jarak kurang lebih 500 km berkeliling melihat keindahan alam Sulawesi Selatan (Sulsel) selama tiga hari mulai Jumat sampai Minggu, 18-20 Oktober.

Touring ini melibatkan media dan komunitas. Masing-masing dari mereka mencoba ketangguhan NMAX Turbo yang saat ini mengadopsi teknologi terbaru Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).

pt-vale-indonesia

Adapun rute kali ini berkosentrasi di wilayah Selatan Sulsel dengan mengekspor keindahan alam yang ada.

Perjalanan dimulai dari Makassar menuju Bantimurung, Kabupaten Maros. Kemudian ke Bone via jalur Camba. Sesampainya di Bone, riders berkunjung ke titik nol Bone dan tugu Pahlawan Arung Palakka.

Hari kedua, riders menuju ke Kabupaten Sinjai dengan mengunjungi objek wisata Batu Pakai Gojeng. Kemudian ke Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba.

Di hari terakhir, riders menyempatkan berfoto di Kampung Pembuatan Kapal Pinisi yakni Tanaberu, titik nol Sulsel dan Apparalarang. Setelahnya, bertolak kembali ke Kota Makassar.

Member Maxifun Reborn, Ismail Hamzah menjadi salah satu orang yang beruntung mencoba NMAX Turbo dalam Tour Boemi Nusantara Sulawesi ini.

Diketahui, motor ini dilengkapi dengan dua mode berkendara, S (Sport) Mode dan T (Town) Mode. Untuk touring jarak jauh ini, Ismail menggunakan S Mode yang membuat performa mesin naik 1.000 RPM.

Dia terkesan dengan fitur Y-Shift yang disematkan pada NMAX Turbo dengan tiga level, yakni mid, low, dan high. Fitur ini menambah tenaga motor layaknya turbo

“Dia memiliki sistem shift, jadi kita pendakian atau penurunan, itu kita bisa fungsikan. Kalau di pendakian itu bisa menambah daya dorong,” ungkapnya, Minggu (21/10/2024).

Sebaliknya, fitur Y-Shift juga dapat digunakan sebagai deselerasi. Ismail menilai fitur ini sangat cocok digunakan di jalur Sulsel yang berbukitan demi menghindari kecelakaan.

“Kalau penurunan pendakian itu bisa kita pencet untuk rem, jadi terhindar dari kecelakaan itu agak minim,” tambahnya.

Dia berpendapat NMAX Turbo bisa menjadi trend baru di dunia otomotif dengan kehadiran fitur tersebut. Baginya, touring terasa lebih mudah dengan motor ini.

“Mungkin ini akan menjadi model baru di dunia permotoran, dan ini akan lebih efisien nantinya,” tutup Ismail.

Area Promosi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Area Sulawesi, Hardian Mahendra mengatakan Tour Boemi Nusantara bertujuan untuk menguji ketangguhan dari motor tersebut.

“Kami mau memberikan pengalaman berkendara kepada media massa dengan NMAX Turbo. Karena motor ini diciptakan khusus untuk touring, sensasi turbo baru bisa dirasakan di trek yang panjang,” ujarnya, Jumat (18/10/2024).

Begitu pula yang disampaikan Head of Regional Sales Executive Suracojaya Abadimotor (SJAM), Erwanda Risrianto. Dia mengatakan Tour Boemi Nusantara juga merupakan salah satu agenda promosi untuk NMAX Turbo. Saat ini pihaknya terus mendekatkan motor ini kepada masyarakat.

“Sejak di launching, kami ada di hampir semua di SPBU untuk memperkenalkan NMAX Turbo. Komunitas juga kita bisa meng-upgrade ke NMAX Turbo, jadi kita sesuaikan nanti,” tukasnya.

PT SJAM juga mengungkapkan penjualan NMAX Turbo saat ini sudah mencapai 70 persen dengan rata-rata penjualan lebih dari 3000 unit per bulan ketimbang NMAX generasi lamanya.

Tour Boemi Nusantara telah menyelesaikan 11 etape di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Sulawesi menjadi etape terakhir dalam tur ini.(*)


BACA JUGA