Gelombang Dukungan ke Pertamina Terapkan QR Code Pembelian BBM di Makassar

Selasa, 08 Oktober 2024 | 13:11 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Berbagai pihak mulai mendukung Pertamina Patra Niaga terkait penerapan QR Code untuk pembelian BBM. Dukungan itu datang dari Bapenda Sulsel hingga Anggota DPRD Kota Makassar.

Anggota DPRD Makassar, Farid Rayendra berharap adanya penerapan digitalisasi lewat QR Code untuk pengisian BBM bersubsidi memudahkan masyarakat mendapatkan bahan bakar tersebut. Bukan justru menambah masalah.

pt-vale-indonesia

“Digitalisasi harus menjadi solusi, bukan menjadi penghambat bagi masyarakat untuk mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. Nah ini yang harus terus di evaluasi oleh pemerintah,” katanya beberapa waktu yang lalu.

Begitu juga yang disampaikan Anggota DPRD Makassar lainnya, Andi Suhada Sappaile. Menurutnya, penerapan ini bagus asal lebih dulu dilakukan sosialisasi sebelum diterapkan secara menyeluruh.

“Harus dong. Sosialisasi dengan baik dan terencana dulu,” ungkap Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini

Sementara itu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar bersepakat adanya penerapan QR Code ini. Bahkan kebijakan ini akan disinergikan untuk membuat warga taat pajak kendaraan.

Kepala Bapenda Sulsel, Reza Faisal Saleh menyebut bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan PT Pertamina dalam mempersyaratkan pembelian BBM dapat dilakukan hanya ketika telah bebas pajak.

“Kami mau bekerja sama dengan PT Pertamina untuk bagaimana nanti BBM subsidi akan kita kerjasamakan, kita akan rintis untuk dipersyaratkan, kalau mau ambil barcode harus bebas pajak dan mau isi nanti harus bebas pajak,” ujarnya di Kantor Bapenda Sulsel pada Jumat (04/10/2024).

Diberitakan sebelumnya, progres implementasi uji coba pembelian BBM untuk Pertalite menggunakan QR Code di wilayah Sulselbar terbilang cukup stabil, data menunjukkan kenaikan perlahan tapi pasti.

Hal ini disampaikan oleh Sales Area Manager Retail Sulselbar PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Rainier Axel Siegfried Parlindungan Gultom. “Di Sulawesi Selatan Progress transaksi harian menggunakan QR Code untuk BBM Pertalite kini sudah mencapai 42%, sedangkan untuk di Sulawesi Barat, sudah mencapai 83%,” ujar Rainier.

Lebih lanjut, Rainier menyampaikan beberapa harapan dari pelaksanaan uji coba implementasi transaksi menggunakan QR Code ini.

“Mencoba kehandalan system perangkat di SPBU Pertamina, memastikan pelayanan oleh petugas dalam transaksi ini berjalan baik, serta meningkatkan animo Masyarakat untuk mendaftar QR Code,” imbuh Rainier.

Area Manager Communication, Relation, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menjelashkan bahwa program subsidi tepat JBKP Pertalite ini merupakan program pemerintah yang sama halnya diberlakukan untuk solar subsidi waktu lalu. Fahrougi menyampaikan banyak dampak positif yang dapat dirasakan Masyarakat dengan adanya program subsidi tepat ini.

“Dengan adanya pendataan penggunaan konsumen JBKP Pertalite yang lebih akurat, dapat memberikan manfaat kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat,” tukasnya. (*)

Tags:

BACA JUGA