Logo Pemerintah Kota Makassar

Pemkot Makassar Gadang Kawasan Komersil di Museum Kota

Jumat, 28 Agustus 2015 | 02:06 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Makassar, GoSulsel.Com – Pemerintah Kota Makassar akan menyediakan area komersil di sekitar kawasan Museum Kota Makassar. Rencana tersebut menyusul renovasi museum yang dilangsungkan sejak 2014.

“Pemkot Makassar berencana membuat tempat khusus di sekitar museum untuk menjual berbagai macam barang khas makassar,” ujar Kepala Seksi Cagar Budaya Kota Makassar, Andi Nilam yang ditemui Jumat (28/8/2015).

Kawasan tersebut diharapkan bisa menambah nilai cagar budaya yang dimiliki Makassar untuk para wisatawan. Upaya tersebut didukung dengan pembenahan inventaris yang dilakukan selama renovasi berlangsung.

Museum yang terletak di Jl Balaikota ini menampung sejumlah barang bersejarah, seperti peta bumi masa silam dan relief Ratu Wilhelmina dan Yuliana. Juga beberapa dokumentasi sejarah Makassar dan beragam jenis mata uang.

Hingga saat ini, renovasi masih berlangsung dan menunggu cairnya anggaran. Nilam memerkirakan, jumlah dana peremajaan bangunan yang dibutuhkan sekitar Rp 3 miliaraan. Rinciannya, Rp 1 miliar pada tahun lalu dan Rp 2 miliar di tahun ini.

Peremajaan yang dilakukan setahun lalu tersebut diharapkan bisa menarik kunjungan para wisatawan. “Kalau museum kota bersih dan dan indah, itu juga menambah minat wisatawan untuk datang mengetahui budaya makassar lewat museum ini,” katanya.