Ilustrasi Pilkada

11 Kepala Daerah Baru di Sulsel Dipanggil Jokowi

Selasa, 05 April 2016 | 13:11 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Bupati yang terpilih di Pilkada serentak 2015 akan dikumpulkan oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jumat (8/4/2016). Khusus di Sulsel ada 11 pasangan bupati dan wakilnya akan hadir.

Pengamat pemerintahan, Arief Wicaksono mengatakan, pertemuan tersebut sangatlah penting. Pasalnya ini kali kedua presiden melakukan pertemuan dengan kepala daerah pemenang Pilkada 2015 lalu.

“Saya kira Presiden harus menegaskan kembali apa yang dimaksud dengan Nawa Cita kepada para kepala daerah tersebut. Penegasan itu harus juga diikuti dengan penandatanganan Pakta Integritas bagi Kepala Daerah, sebagai pintu pencegahan korupsi, kolusi, dan nepotisme,” kata Arief, kepada GoSulsel.com, Selasa (5/4/2016).

Lebih jauh, dosen Unibos 45 ini berharap Presiden kembali mengingatkan kembali setiap kepala daerah, bahwa prilaku mereka dikontrol oleh UU Pemda dan rakyat pemilih. Sehingga apapun yang mereka lakukan, harus berorientasi kepada keduanya.

Hal senada diungkapkan, oleh ketua jurusan ilmu pemerintahan Unismuh Makassar, Andi Luhur Priyanto, dimana banyak agenda pemerintah pusat yang harus segera disinkronkan dengan kebijakan pemerintah daerah. Dimana RPJMD yang disusun kepala daerah yang baru, tak boleh terpisah dengan RPJMN dan Nawa Cita Presiden Jokowi.

Halaman:

BACA JUGA