Balaikota Makassar.

Antisipasi Flu Burung, DKP3 Makassar Proteksi Unggas yang Masuk

Selasa, 05 April 2016 | 14:58 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni -

Makassar,GoSulsel.com – Beberapa terakhir ini, masyarakat dibuat resah dengan merebaknya virus flu burung yang melanda kabupaten Sidrap, Dinas kelautan, Perikanan, Peternakan dan Pertanian (DKP3)  Makassar telah melakukan proteksi agar virus ini tidak merebak.

“Kami sudah melakukan beberapa langkah untuk memproteksi agar unggas yang masuk benar-benar sehat dan tidak terkontaminasi penyakit, kedua kami telah melakukan vaksinasi, saya sudah minta agar para pengusaha atau pemilik unggas melaporkan diri tentang peliharannya agar  bisa ditindaklanjuti,”ujar Kepala DKP3 Makassar, Rahman Bando, saat berbincang dengan GoSulsel.com, Selasa (5/4/2016).

Rahman menjelaskan, virus flu burung ini jika terlanjur masuk maka bisa mewabah dengan cepat, jika masyarakat mendapatkan ada  unggas mati mendadak padahal tidak sakit ada kemungkinan ini terserang virus, harus segera dilaporkan dan kalau didapatkan harus segera dimusnahkan.

“Kami harap masyarakat dapat memperhatikan ini, dan aktif melaporkan kalau ada kejadian aneh ditemukan dengan unggas yang dimiliki atau dijual,”kata Rahman.

Mengenai kemungkinan ada unggas yang masuk serta terinfeksi virus Rahman, menyebutkan hal tersebut tidak mungkin terjadi juga karena jika daerah sudah ditetapkan terkena wabah flu burung, walaupun mau masuk tentu harus melewati pemeriksaan menjamin kesehatan unggas tersebut.(*)


BACA JUGA