(Foto: Pengrajin sketsa di jalan Masjid Baiturrahman/Fotografer: Marwan Paris/GoSulsel.com)
#

Seni Sketsa Meraup Untung Ratusan Ribu Rupiah

Selasa, 05 April 2016 | 11:07 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Tak jauh dari Masjid Baiturrahman di bilangan jalan poros Urip Sumoharjo, terpajang beberapa sketsa gambar pada sebuah meja lapak. Salah satu gambar, sungguh tak asing bagi pengunjung. Wajah Pak Jusuf Kalla, Wakil Presiden (Wapres) menjadi penarik perhatianĀ para pengguna jalan.

Assahbul Kaffi atau Uppi, sapaan pemuda usia 23 tahun ini, sudah tujuh bulan lamanya membuka jasa sketsa wajah. Tiap hari, di tempat yang cukup rindang ia menggoreskan pensil-pensilnya. Mulai menjelang siang hingga petang hari.

Karena persoalan ekonomi sekaligus memang hobi sejak kecil jadi landasan Uppi menggeluti keterampilan sketsa wajah.

“Karena ekonomi dan juga memang hobiku sejak masih kecil suka menggambar, jadi saya cobami gambar wajahnya orang”, ujarnya ketika disambangi oleh GoSulsel.com, Selasa (5/4).

Tiap hari, ada sekitar 3 sampai 4 orang mampir untuk menggunakan jasanya. Bahkan terkadang, ia mesti menolak kala pengunjung melebihi jumlah batas pesanan alias full order. Hal itu sesuai dengan petimbangan pribadinya, sebab durasi gambar yang mampu ia kerja rata-rata 4 hingga 5 jam untuk selembar sketsa.

Halaman:

BACA JUGA