(Foto: Dian, guru MI Madani Gowa, sedang memfasilitasi siswa/Citizen Report/GoSulsel.com)

USAID PRIORITAS Dorong Siswa Jadi Ilmuwan Sejak Dini

Rabu, 06 April 2016 | 18:28 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com — Sebuah telur  dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air bening dan langsung tenggelam.  Telur tersebut dimasukkan lagi oleh siswa yang lain ke gelas yang airnya ditambah dengan dua sendok garam, hasilnya melayang. Saat air tersebut ditambah lagi dengan dua sendok garam,  telur itu mengapung.

“Percobaan ini dilakukan agar siswa semenjak dini sudah didorong menjadi ilmuwan kecil, yaitu belajar dengan langsung melakukan proses-proses ilmiah,” ujar ibu Dian, guru MI Madani yang praktik mengajar siswa kelas IV SDN Sudiman III untuk membuktikan adanya pengaruh gaya terhadap benda terapung, melayang dan tenggelam di air pada Rabu, pada pelatihan yang diadakan di Hotel Santika, Rabu (6/4).

pt-vale-indonesia

Di kelas 6, siswa membuat percobaan menghasilkan sumber energi dari gabungan tomat, kentang, dan jeruk. Buah-buah itu dihubungkan dengan  plat dan seng, dan di ujung akhir terdapat lampu LED. Ketika digabungkan semua, menyalalah lampu LED tersebut. Percobaan ini dipandu oleh Ibu Rosmala dan Ibu Besse.

Siswa-siswi selama pembelajaran juga difasilitasi oleh guru-guru tersebut  merangkai laporan percobaan sesuai dengan bahasa mereka sendiri. Awalnya mereka dipandu menceritakan dengan lisan mereka sendiri apa yang sudah dilakukan. Setelah mampu menceritakan secara lisan, mereka diminta menuliskan laporan secara tertulis.  Laporan yang mereka tulis sangat runut, terdiri dari tujuan percobaan, alat dan bahan, langkah-langkah kegiatan, data dan analisis hasil percobaan dan kesimpulan.

Para guru yang mengajar pelajaran IPA dengan percobaan ini, merupakan  guru-guru  dari 12 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah mitra dan labaratorium Universitas Negeri Makassar dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang sedang praktik mengajar setelah menerima pelatihan pembelajaran Modul Ketiga USAID PRIORITAS.

Halaman: