Himanaj Unibos Gelar Dialog Publik IPM

Rabu, 13 April 2016 | 16:19 Wita - Editor: Syamsuddin -

Makassar, Gosulsel.com – Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himanaj) Universitas Bosowa menggelar dialog publik dan Musyawarah Daerah Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI) wilayah VI daerah I Sulawesi Selatan-Sulawesi Tenggara-Sulawesi Barat, di Balai Sidang Universitas Bosowa, Rabu (13/4/2016).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pemateri diantaranya Akademisi Unibos Miah Said, Awaluddin mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Setio Nugroho selaku Kepala Bidang Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Sosial (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kaitannya dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kegiatan ini mengangkat tema Design Strategis dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang kompetitif dalam Era MEA. Sedangkan, tujuan pembangunan menurut UNDP adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan rakyat untuk menikmati umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif.

IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. IPM dibagi dalam tiga dimensi dasar yaitu umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, standar hidup layak.  Setio Nugroho, MA mengungkapkan bahwa saat ini BPS telah memberlakukan metode baru dalam penghitungan IPM.

“Hal ini tidak lepas dari perkembangan zaman yang merupakan keniscayaan,” ungkapnya.

Halaman: