Pemkot Makassar Pastikan TPA Tamanggapa Tidak Dipindahkan

Jumat, 15 April 2016 | 18:48 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Munculnya wacana yang dikeluarkan terkait dengan TPA Tamanggapa yang akan dipindahkan, karena sudah banyak mendapat keluhan, namun pemerintah kota Makassar dalam hal ini Dinas Pertanaman dan Kebersihan memastikan jika ini tidak akan dipindah.

“TPA tidak bisa dipindahkan, karena ini memang harus ada yang diubah adalah pengelolaan yang baik,”kata Sekretaris Dinas Pertanaman dan Kebersihan Makassar, Saenal Abidin, ditemui di ruangan kerjanya oleh Go Sulsel,com Jumat (15/4/2016).

Sainal menjelaskan, untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan perencanaan matang untuk memperbaiki ini. Makanya dalam setiap kesempatan ini, Wali kota selalu mengatakan akan merubah TPA ini menjadi bintang 5.

“Nantinya TPA bukan hanya sebagai tempat pembuangan akhir namun akan menjadi tempat pemrosesan akhir, akan ada fasilitas lengkap di dalamnya, antara lain  industri persampahan. Jadi bukan lagi sebagai pembuangan akhir dimana sampah ini akan di ubah menjadi energi listrik, gas dan lain-lainnya lagi” ujarnya.

Saenal melanjutkan bahwa selain pemrosesan sampah, TPA juga nanti akan terkoneksi dengan RPH, dimana sampah-sampah pasar yang masih layak dimakan hewan akan dikumpulkan dalam satu tempat.

“Bukan hanya itu, nantinya juga akan terkoneksi dengan RPH, dimana sampah pasar akan menjadi kompos dan yang masih layak akan menjadi makanan ternak. Jadi TPA tidak akan dipindahkan, tapi malah justru akan dikembangkan menjadi lebih baik lagi” terang Saenal.(*)


BACA JUGA