Modernisasi Pertanian, Distan Siapkan Alsintan Centre

Minggu, 17 April 2016 | 18:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Untuk mendukung peningkatan hasil pertanian, pemerintah terus melakukan upaya modernisasi alat dan mesin pertanian (Alsintan). Untuk itu, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtilkultura Sulsel akan membuat Alsintan Centre.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtilkultura Sulsel, Fitriani, mengatakan pembangunan Alsintan Centre ini, akan dilakukan di eks Gedung Tani Makmur, yang berada di Kabupaten Maros.

“Bengkel-bengkel Alsintan yang ada di kabupaten harus dilatih bagaimana menentukan prototipe Alsintan, desainnya bagaimana yang dilatih oleh Perindag, maka dibuat modifikasi sesuai fungsinya. Alsintan kita kan sudah mulai dari olah tanah, menanam, hingga panen,” kata Fitriani, Minggu (17/4/2016).

Sayangnya, ia tidak mengetahui persis terkait jumlah anggaran yang dikucurkan untuk renovasi gedung tersebut. Dikatakannya, pembangunan ini dikerjasamakan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Balai Benih Tanaman Pangan.

Sejauh ini, pihaknya masih dalam proses pendesainan gedung yang telah terbakar, seteah itu baru dilakukan proses lelnag dan tender. Ia menyebutkan, pihaknya telah memiliki ribuan Alsintan yang tersebar di Sulsel. Nantinya, para petani akan dilatih di Alsintan Centre untuk mengoprasionalkan Alsintan.

Halaman: