Pusat Logistik Berikat Dukung Ekspor Tiga Kali Sulsel

Selasa, 19 April 2016 | 18:04 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com –  Permasalahan delling time atau waktu tunggu membuat para eksportir dan importir mengeluh atas barang dan jasa mereka yang lama menumpuk di pelabuhan. Karena itu kementerian keuangan melalui Kantor Wilayah Bea dan Cukai Sulawesi akan segara menerapkan program pusat logistik berikat.

Kepala Kanwil Bea dan Cukai Sulawesi, Azhar Rasyidi menjelaskan saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi untuk pusat logistik berikat ini. Dua kota yang akan menjadi fokus penggunaan sistem ini adalah Makassar dan Manado.

“Kebijakan ini untuk meningkatkan perekonomian daerah.Tahun lalu sudah dilounching ekspor tiga kali lipat, sehingga posisi Sulsel sebagai hub kawasan timur Indonesia akan lebih maksimal lagi,” kata Azhar, usai bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, di kantor Gubernur Sulsel Selasa (19/4/2016)

Azhar menjelaskan pihaknya akan mengumpulkan pengusaha pada 28 April mendatang di Gedung keuangan Makassar, itu, Gubernur diminta untuk hadir memberikan pengarahan bagi seluruh pengusaha yang ada di Sulawesi.

Sementara itu Gubernur Sulsel, syahrul Yasin Limpo berharap dengan program pusat logistik berikat ini, delling time di Pelabuhan Soekarno Hatta bisa dipersingkat menjadi 3-7 hari. Hanya saja, dirinya juga menekankan upaya pencegahan penyelundupan.

“Dua atau tiga langkah dari yang ada, ada yang akan dipotong proses perizinannya. Kalau di Jakarta dan Surabaya bisa 14 sampai 21 hari, kita akan buat dalam waktu seminggu dengan onkos yang lebih murah,”kata Syahrul

Dengan adanya direct call dan dukungan dari bea dan cukai, ini akan memfasilitasi barang dan jasa serta orang yang keluar masuk Sulsel. “Kanwil bea dan cukai siap memberikan layanan untuk percepatan ekonomi. Termasuk mendukung ekspor tiga kali lipat, dengan mengurangi beban pengusaha serta memudahkan pelayanan,”ucapnya.(*)

 


BACA JUGA